Efektivitas pelatihan kompetensi customer service orientation untuk meningkatkan kompetensi customer service orientation karyawan Matahari Department Store Lippo Plaza Batu / Ratih Sih Suminar - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pelatihan kompetensi customer service orientation untuk meningkatkan kompetensi customer service orientation karyawan Matahari Department Store Lippo Plaza Batu / Ratih Sih Suminar

Suminar, Ratih Sih (2018) Efektivitas pelatihan kompetensi customer service orientation untuk meningkatkan kompetensi customer service orientation karyawan Matahari Department Store Lippo Plaza Batu / Ratih Sih Suminar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Suminar Ratih Sih. 2018. Efektivitas Pelatihan Kompetensi Customer Service Orientation untuk Meningkatkan Kompetensi Customer Service Orientation Karyawan Matahari Department Store Lippo Plaza Batu. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diyah Sulistiyorini S.Psi M.Psi (II) Ike Dwiastuti S.Psi M.Psi. Kata Kunci pelatihan kompetensi customer service orientation karyawan perusahaan ritel Kompetensi customer service orientation (CSO) perlu dimiliki oleh semua karyawan dalam suatu perusahaan khususnya karyawan yang secara langsung berhadapan dengan pelanggan seperti customer service public relation (Humas) pramuniaga kasir/teller satuan pengamanan (satpam) dan operator telepon. Kompetensi tersebut diperlukan agar suatu perusahaan khususnya perusahaan ritel mampu terus bersaing dalam dunia bisnis. Pada kenyataannya karyawan pramuniaga salah satu perusahaan ritel Matahari Department Store di Lippo Plaza Batu diketahui bahwa kurang memiliki kompetensi CSO dalam bekerja. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkannya dengan melakukan pelatihan. Tujuan penelitian ini adalah (a) untuk mengetahui gambaran kompetensi CSO karyawan Matahari Department Store di Lippo Plaza Batu sebelum dan sesudah diberi pelatihan dan (b) untuk mengetahui efektivitas pelatihan kompetensi CSO dalam meningkatkan kompetensi CSO karyawan Matahari Department Store di Lippo Plaza Batu. Penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Analisis uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji Mann-Whitney U test. Seluruh karyawan pramuniaga perusahaan tersebut sebanyak 120 digunakan sebagai populasi dan 30 orang sebagai sampel. Ada dua instrumen yang digunakan yakni (a) modul pelatihan kompetensi CSO dan (b) skala kompetensi CSO adaptasi dari skala Spencer Spencer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pelatihan kompetensi customer service orientation efektif untuk meningkatkan sikap optimis dengan nilai P 0 003 serta nilai U sebesar 258 5 yang berarti bahwa terdapat peningkatan kompetensi CSO karyawan sebelum dan setelah mendapatkan pelatihan. Selain itu besar efektivitas senilai 0 827 yang berarti bahwa efek pelatihan kompetensi CSO sangat besar terhadap peningkatan kompetensi tersebut. Saran untuk pihak perusahaan adalah terus berupaya meningkatkan kompetensi customer service orientation untuk keseluruhan karyawan. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan tempat pelatihan yang lebih kondusif dan menambah metode pelatihan menggunakan media video.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101237

Actions (login required)

View Item View Item