Hubungan antara kemandirian dan penyesuaian diri pada remaja Pondok Pesantren PPAI An-Nahdliyah di Malang / Lidya Ira Irviana

Irviana, Lidya Ira (2018) Hubungan antara kemandirian dan penyesuaian diri pada remaja Pondok Pesantren PPAI An-Nahdliyah di Malang / Lidya Ira Irviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Irviana, Lidya Ira. 2018. Hubungan antara Kemandirian dan Penyesuaian Diri pada Remaja Pondok Pesantren PPAI An-Nahdliyah di Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hetti Rahmawati, S.Psi., M.Si, (II) Farah Farida Tantiani, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci: Kemandirian, Penyesuaian Diri, Remaja Pondok Pesantren Peralihan dari lingkungan keluarga menuju lingkungan asrama pondok pesantren mengakibatkan perubahan yang signifikan. Remaja yang menempuh pendidikan di asrama pondok pesantren dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan diri sendiri maupun dengan lingkungan. Salah satu faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri adalah kemandirian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemandirian dan penyesuaian diri remaja pondok pesantren PPAI An-Nahdliyah. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi sejumlah 138 remaja yang tinggal di pondok pesantren PPAI An-Nahdliyah. Sampel sebanyak 60 remaja dan diambil dengan teknik sampel random. Instrumen yang digunakan adalah skala kemandirian dan skala penyesuaian diri dengan reliabilitas 0,873 dan 0,921. Uji hipotesis dilakukan denga analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja pondok pesantren PPAI An-Nahdliyah memiliki penyesuaian diri dalam kategori sedang 73,3% dan memiliki kemandirian dalam kategori sedang 70%. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemandirian dan penyesuaian diri, dengan nilai rxy 0,799, p-value < 0,05, artinya semakin tinggi kemandirian semakin tinggi pula penyesuaian diri remaja pondok pesantren. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah bagi remaja pondok pesantren PPAI An-Nahdliyah diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dalam mengatasi masalah, mengambil keputusan tanpa bantuan orang lain dan bertanggung jawab untuk mencapai penyesuaian terhadap lingkungan pondok pesantren. Bagi pondok pesantren PPAI An-Nahdliyah diharapkan membantu remaja pondok pesantren untuk meningkatkan kemandirian dengan cara memberikan arahan dalam menimbang dan memilih pengambilan keputusan, memberikan tugas dan memantau agar tumbuh rasa tanggung jawab, memberikan motivasi ketika mengalami kegagalan. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk menambah sampel penelitian dan remaja pondok pesantren yang berjenis kelamin laki-laki, menggali lebih dalam mengenai faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101236

Actions (login required)

View Item View Item