Efektivitas outdoor learning dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini TK Dharma Wanita Persatuan Mangliawan Kabupaten Malang / Aprilliana Lestari

Lestari, Aprilliana (2018) Efektivitas outdoor learning dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini TK Dharma Wanita Persatuan Mangliawan Kabupaten Malang / Aprilliana Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Lestari Aprilliana. 2018. Efektivitas Outdoor Learning dalam Meningkatkan Kreatiitas Anak Usia Dini Tk Dharma Wanita Persatuan Mangliawan Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji M.Si (II) Aji Bagus Priyambodo S.Psi M.Psi. Kata kunci kreativitas outdoor learning anak usia dini. Penelitian eksperimen ini bertujuan mengetahui efektivitas outdoor learning untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini. Outdoor learning diterapkan sebagai suatu program untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menggambar dan mewarnai aktif yang menyenangkan. Melalui metode outdoor learning anak diberi kesempatan untuk mengeksplorasi apa yang ada di lingkungan sekitar anak. Perlakuan ini diharapkan mampu meningkatkan kreativitas anak. Penelitian menggunakan rancangan penelitian eksperimental dengan desain Static Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa TK kelompok B 20 siswa untuk kelompok eksperimen dan 20 siswa untuk kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi instrumen pengumpulan data dan instrumen perlakuan yang dikembangkan oleh peneliti sendiri. Instrumen pengumpulan data berupa panduan penilaian kreativitas dan instrumen perlakuan berupa panduan outdoor learning. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik uji beda independen sample t-test. Hasil penelitian menunjukan nilai t sebesar 3 988 dengan Sig. (2-tailed) adalah 0 000 0 05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut diartikan ada perbedaan antara hasil pretest-posttest pada kedua kelompok. Selain itu penelitian ini juga menggunakan penghitungan effect size untuk melihat besarnya keefektifan pendekatan outdoor learning dalam kreativitas menggambar. Diperoleh hasil 0 822 dimana angka tersebut masuk dalam kategori efek Sedang. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa outdoor learning efektif dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Saran kepada guru diharapkan para guru menerapkan metode outdoor learning dalam pembelajaran untuk melatih kreativitas anak. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan desain penelitian yang berbeda jumlah subjek yang lebih luas waktu yang lebih mencukupi menambahkan jumlah pemberian intervensi dan dengan instrumen pengukuran yang berbeda. 1

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101235

Actions (login required)

View Item View Item