Pengaruh antara kontrol diri dan dukungan keluarga dengan perilaku agresi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartika IV-8 Malang / Digna 'Illya Barokah

Barokah, Digna 'Illya (2018) Pengaruh antara kontrol diri dan dukungan keluarga dengan perilaku agresi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartika IV-8 Malang / Digna 'Illya Barokah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Barokah, Digna ‘illya. 2018. Pengaruh Antara Kontrol Diri dan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Agresi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartika IV-8 Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Nur Eva, S.Psi., M.Psi, (2) Ike Dwiastuti, S.Psi.,M.Psi Kata kunci : Perilaku Agresi, Kontrol Diri , Dukungan Keluarga Masa remaja merupakan masa transisi dari anak-anak menuju masa dewasa. Pada masa ini remaja masuk dalam proses pencarian identitas diri. Beberapa remaja pada umumnya akan banyak mengalami masalah pada tahap ini. Remaja mudah dipengaruhi oleh lingkungan dan budaya baru yang sering bertentangan dengan norma masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran perilaku agresi Siswa (2) untuk mengetahui gambaran kontrol diri Siswa (3) untuk mengetahui gambaran dukungan keluarga Siswa (4) untuk mengetahui pengaruh antara kontrol diri dengan perilaku agresi Siswa (5) untuk mengetahui pengaruh antara dukungan keluarga dengan perilaku Agresi Siswa (6) untuk mengetahui pengaruh antara kontrol diri dan dukungan keluarga dengan perilaku agresi Siswa Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan kausalitas. Subjek penelitian melibatkan 130 siswa di SMP Kartika IV-8 Malang dengan kriteria Siswa-siswi Sekolah Menegah Pertama, Kelas VII dan VIII dan yang melakukan perilaku agresi di sekolah. Pengambilan data penelitian menggunakan skala perilaku agresif, skala kontrol diri, dan skala dukungan keluarga. Reliabilitas skala kontrol diri dengan reliabilitas sebesar 0,926, reliabilitas skala dukungan keluarga sebesar 0,953 dan reliabilitas skala perilaku agresi sebesar 0,939. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa kelas VII dan VIII SMP Kartika IV-8 Malang, (1) memiliki perilaku agresif yang rendah, (2) memiliki kontrol diriyang tinggi, (3) memiliki dukungan keluarga yang tinggi, (4) ada pengaruh antara kontrol diri dengan perilaku agresi dengan nilai R sebesar 0,587 dan R square sebesar 0,345, (5) ada pengaruh antara dukungan keluarga dengan perilaku agresi dengan nilai R sebesar 0,514 dan R square sebesar 0,264, (6) Ada pengaruh antara kontrol diri dan dukungan keluarga dengan perilaku agresi dengan nilai R sebesar 0,623 dan R square sebesar 0,388. Saran yang diberikan kepada kepala sekolah adalah memberikan arahan kepada para guru agar selalu mengawasi siswanya yang memiliki perilaku yang mengarah berperilaku agresi. Siswa diharapkan untuk mempertahankan kontrol diri yang baik, jika kontrol diri menurun maka siswa akan berperilaku negatif. Untuk siswa yang memiliki perilaku agresi disarankan untuk tidak melanggar peraturan lagi, jangan menganggap dirinya yang paling kuat, mengikuti ektrakulikuler di sekolah untuk menyalurkan diri ke kegiatan positif. Untuk penelitian lebih lanjut diharapkan untuk memeriksa juga faktor lainya yang terkait perilaku agresi diluar kontrol diri dan dukungan keluarga seperti lingkungan teman sebaya, lingkungan sekolah dan melakukan penelitian dalam bentuk kualitatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101234

Actions (login required)

View Item View Item