Pengaruh Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang / Anita Yustis Kristina

Kristina, Anita Yustis (2018) Pengaruh Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang / Anita Yustis Kristina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kristina, Anita Yustis. 2018. Pengaruh Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nur Eva, S.Psi., M.Psi. (II) Drs. Mohammad Bisri, M.Si. Kata Kunci: kematangan emosi, penyesuaian sosial Penyesuaian sosial merupakan kemampuan seorang individu untuk dapat menyesuaikan diri dengan bentuk tingkah laku yang telah disetujui oleh kelompok. Keberhasilan tersebut akan membantu seorang individu untuk dapat mengembangkan sikap sosial yang baik kepada orang lain maupun dalam kelompok tertentu. Sebagian individu memiliki keterbatasan dalam melakukan penyesuaian sosial yang baik. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa frustasi pada dirinya. Salah satu faktor yang mempengaruhi penyesuaian sosial yaitu kematangan emosi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran kematangan emosi mahasiswa baru jurusan akuntansi Politeknik Negeri Malang, (2) untuk mengetahui gambaran penyesuaian sosial mahasiswa baru jurusan akuntansi Politeknik Negeri Malang, (3) untuk mengetahui pengaruh kematangan emosi terhadap penyesuaian sosial mahasiswa baru jurusan akuntansi Politeknik Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa baru jurusan akuntansi Politeknik Negeri Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental, dengan sampel sebanyak 56 subjek penelitian. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik Simple Linear Regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian sosial pada mahasiswa baru jurusan akuntansi Politeknik Negeri Malang masuk dalam kategori tinggi dan tingkat kematangan emosi mahasiswa baru jurusan akuntansi Politeknik Negeri Malang dinyatakan tinggi. Hasil dari uji regresi, diketahui koefisien korelasi variabel kematangan emosi dengan penyesuaian sosial sebesar 0,653. Kemudian terdapat nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,427. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kematangan emosi terhadap penyesuaian sosial pada mahasiswa baru jurusan akuntansi Politeknik Negeri Malang. Saran yang diberikan dalam penelitian ini bagi subjek penelitian yakni diharapkan dapat mengontrol emosinya agar mencapai tingkatan kematangan emosi yang menuju tinggi dan tetap dapat mempertahankannya. Bagi pihak instansi diharapkan dapat membantu para mahasiswa baru untuk dapat mengontrol emosi dan menyesuaiankan diri di lingkungan sosial dengan baik. Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan untuk memperluas ruang lingkup, misal dengan memperluas jumlah populasi dan menambah variabel-variabel lain seperti kesehatan dan kondisi jasmaniah, kondisi psikologis, lingkungan, serta budaya dan agama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101231

Actions (login required)

View Item View Item