Nilai-nilai pendidikan dalam lagu-lagu anak Madura / Widarti Cahya Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai-nilai pendidikan dalam lagu-lagu anak Madura / Widarti Cahya Ningrum

Ningrum, Widarti Cahya (2009) Nilai-nilai pendidikan dalam lagu-lagu anak Madura / Widarti Cahya Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahya Ningrum Widarti 2008. Nilai-nilai Pendidikan dalam Lagu-lagu Anak Madura. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Abdul Syukur Ghazali M.Pd. Kata Kunci nilai pendidikan lagu-lagu anak Madura Saat ini lagu-lagu daerah kurang diminati. Akibatnya lagu-lagu daerah hampir tidak dikenal lagi oleh anak-anak Indonesia. Kedudukan lagu-lagu daerah sudah digeser oleh kemajuan teknologi. Apabila upaya pelestarian dan apresiasi terhadap lagu-lagu daerah khususnya lagu-lagu anak Madura jarang dilakukan maka lagu-lagu daerah tersebut dalam waktu dekat akan lenyap. Nilai-nilai pendidikan dalam lagu-lagu daerah khususnya lagu-lagu anak Madura hendaknya dijadikan pedoman hidup bermasyarakat dan berbangsa. Berdasarkan isi teks lagu-lagu anak Madura secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam teks lagu-lagu anak Madura. Sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam teks lagu-lagu anak Madura yang meliputi nilai-nilai religius nilai-nilai sosial nilai-nilai kepribadian nilai-nilai moral dan nilai sejarah. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Peneliti sebagai human instrumen hal yang dilakukan adalah mencari kepustakaan yang relevan lalu menyusun instrumen. Sesudah itu melakukan kegiatan pengumpulan data yang diperlukan dilanjutkan dengan mengolah data dengan teknik yang telah ditentukan. Pengambilan data dalam lagu-lagu anak Madura menggunakan analisis tekstual dengan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam lagu-lagu anak Madura juga mengajarkan tentang filosofi orang Madura. Hasil penelitian tersebut sesuai dengan filosofi orang Madura yang meliputi (1) menghormati sesepuh hukum dan agama (2) menjaga mulut perilaku dan kegiatan (3) menghindari sifat kejam keji dan kekurangpasrahan (4) memiliki kesetiaan kesucian hati dan kejujuran (5) mengusahakan pencapaian kesepakatan kesenangan lahir dan kebahagiaan batin dan (6) mampu mengelola waktu harta dan kesehatannya Hasil analisis data yang telah dikerjakan dan interpretasi yang dilakukan menunjukkan bahwa dalam lagu-lagu anak Madura terdapat nilai-nilai pendidikan yang berupa (1) nilai religius tentang keimanan kepada Tuhan yang terdapat pada lagu yang berjudul Lir-saalir (2) nilai sosial tentang gotong royong adil terhadap sesama dan cinta kasih terhadap sesama yang terdapat pada lagu yang berjudul Terete Lir-saalir Ta goyang tul-tul Hurjak mano Pan-sampanan Mon-temon buko Oramba -orambe Es lilin Yargiyar Sekkar jambu Sir-basiran Trunojoyo dan Panembahan Ronggosukowati (3) nilai kepribadian tentang kewaspadaan hidup kesederhanaan hidup teguh pendirian keberanian hidup kejujuran dan kepahlawanan yang terdapat pada lagu yang berjudul Terete Lir-saalir Ta goyang tul-tul Gangga meno Hurjak mano Pan-sampanan Rarari Bing ana Gai bintang Es lilin Yargiyar Sambung lealebung Sekkar jambu Yayaya Kerraban sape Trunojoyo dan Cakranengrat (4) nilai moral tentang toleransi komitmen banyak akal loyalitas kejujuran kerjasama kepedulian humor tanggung jawab dan rasa bangga yang terdapat pada lagu yang berjudul Terete Lir-saalir Ta goyang tul-tul Gangga meno Hurjak mano Pan-sampanan Rarari Gai bintang Mon-temon buko Oramba -orambe Es lilin Yargiyar Sekkar jambu dan Kerraban sape dan (5) nilai sejarah tentang pahlawan yang terdapat pada lagu yang berjudul Trunojoyo Cakranengrat dan Panembahan Ronggosukowati. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada (1) Guru Bahasa Daerah Madura untuk menggunakan hasil penelitian ini sebagai pertimbangan dalam pemilihan alternatif materi sastra khususnya puisi untuk para siswa. Melalui pembelajaran apresiasi puisi guru Bahasa Daerah Madura dapat melatih siswa untuk menemukan nilai-nilai pendidikan dalam lagu-lagu anak Madura ataupun lagu lainnya (2) siswa dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan materi tambahan untuk memperdalam pengetahuan tentang nilai-nilai pendidikan dan (3) Peneliti sastra dapat menindaklanjuti penelitian ini pada genre sastra lain karena tidak tertutup kemungkinan masih banyak hal-hal yang perlu dikembangkan misalnya cerita rakyat peribahasa dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10123

Actions (login required)

View Item View Item