Visca, Erline Cyntia (2018) Hubungan antara citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan di PT Pos Indonesia (Persero) Kota Malang / Erline Cyntia Visca. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iv ABSTRAK Visca E.C. 2018. Hubungan antara citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan PT Pos Indonesia (Persero) Kota Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Fattah Hidayat S.Psi. M.Si. (II) Gamma Rahmita U.H. S.Psi. M.Psi. Kata Kunci Citra Perusahaan Loyalitas Pelanggan Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran citra perusahaan PT Pos Indonesia (Persero) Kota Malang (2) mengetahui gambaran loyalitas pelanggan PT Pos Indonesia (Persero) Kota Malang (3) mengetahui gambaran hubungan antara citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan PT Pos Indonesia (Persero) Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif korelasional dengan subjek penelitian konsumen PT Pos Indonesia (Persero) Kota Malang adapun sampel diperoleh dengan metode accidental sampling yaitu konsumen yang pada saat itu juga datang ke PT Pos Indonesia (Persero) Kota Malang. Instrumen penelitian ini berupa skala citra perusahaan dan skala loyalitas pelanggan. Uji coba instrumen dilaksanakan di PT Pos Indonesia (Persero) Kota Malang. Validitas diukur menggunakan product moment. Reliabilitas diukur menggunakan formula Alpha Cronbach dengan hasil skala citra perusahaan yaitu 0.817 dan skala loyalitas pelanggan yaitu 0.891. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Pos Indonesia (Persero) Kota Malang (1) memiliki citra perusahaan yang rendah dari sebagian besar pelanggan (2) memiliki lebih dari setengah pelanggan berloyalitas rendah (3) ada hubungan antara citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan dengan rxy 0.429 p 0.004 0.05 (4) citra perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Fhitung 9.267 Ftabel 4.08 (5) pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan lemah dengan R2 0.184 atau 18.4%. Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah (1) bagi perusahaan PT Pos Indonesia (Persero) Kota Malang perusahaan yang memiliki citra perusahaan yang rendah diharapkan dapat meningkatkan citra tersebut dengan memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi citra perusahaan yaitu harga yang ditawarkan reputasi citra perusahaan dimata pelanggan jaminan atas pelayanan yang diperoleh pada tahap awal pelayanan penampilan fasilitas fisik dan komitmen organisasi. Dengan cara tersebut juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggannya yang rendah dikarenakan citra perusahaan merupakan salah satu faktor yang secara langsung berhubungan dengan loyalitas pelanggan. Memperhatikan bahwa dalam penelitian ini konsumen yang menggunakan jasa PT Pos Indonesia (Persero) Kota Malang adalah sebagian besar laki-laki maka untuk menarik perempuan dan anak-anak PT Pos Indonesia (Persero) Kota Malang dapat membuat inovasi-inovasi baru yang berhubungan dengan perempuan dan anak-anak. (2) bagi peneliti selanjutnya jika ingin melakukan penelitian serupa penelitian ini hanya berfokus pada citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan PT Pos Indonesia (Persero) Kota Malang oleh sebab itu perlu dikaji lebih dalam mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan antara lain nilai kemudahan dan kenyamanan kepuasan layanan dan jaminan. Dan jika menggunakan variabel yang sama disarankan untuk menambah jumlah subjek penelitian agar hasil penelitian yang diperoleh dapat menjadi lebih akurat. Perbaikan instrumen dan teknik analisis perlu dilakukan untuk hasil pada penelitian selanjutnya lebih maksimal dan membangun raport dengan subjek. Selain itu kriteria sebagai pelanggan harus jelas dan dipertimbangkan dalam pengambilan subjek penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/101229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |