Pengaruh Permainan Tradisional Adang-adangan dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun / Getza Prima Adyta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Permainan Tradisional Adang-adangan dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun / Getza Prima Adyta

Adyta, Getza Prima (2018) Pengaruh Permainan Tradisional Adang-adangan dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun / Getza Prima Adyta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Adyta Getza Prima. 2018. Pengaruh Permainan Tradisional Adang-adangan dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi Universitas Negeri Malang Fakultas Pendidikan Psikologi Jurusan Psikologi. Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi M.Psi. Kata kunci permainan tradisional adang adangan prososial anak usia 5-6 tahun Usia 5-6 tahun anak sudah dapat bereaksi terhadap kesusahan yang dihadapi teman. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan perilaku prososial anak setelah diberikan permainan tradisional adang-adangan di TK Aisyiyah Bustanul Athfhal 24. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian eksperimen quasi dengan menggunakan desain penelitian one group pretest - postest design. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 16 siswa yang memiliki rentang usia 5-6 tahun berada dikelompok B1. Instrumen dalam penelitian ini adalah dalam penelitian ini berupa panduan observasi perilaku prososial. Teknik analisis data menggunakan jenis nonparametrik dengan uji beda wilcoxon sign rank test kemudian effect size untuk melihat seberapa besar pengaruh permainan tradisional adang-adangan. Hasil yang diperoleh dari rata-rata perilaku sebelum 6 50 dan rata-rata perilaku sesudah 9 56. Dan effect size diperoleh angka sebesar 0 975 dengan presentase sebesar 97%. Angka tersebut masuk dalam kategori efek besar. Hasil uji beda dengan wilxocon sing rank test menunjukkan Zhitung 3 526 dengan (p-value) 0 000 0 05 berdasarkan uji beda statistik ada perbedaan peningkatan perilaku sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan persentase effect size 97% dan Zhitung sebesar 3 526 dengan p-value 0 000 0 05 maka ada perbedaan perilaku prososial anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan dan permainan tradisional adang-adangan berpengaruh dalam meningkatkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun . Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada peneliti selanjutnya 1) Penambahan subjek perlu dilakukan agar bisa menggunakan teknik statistik parametrik. 2) Ketersediaan tempat dan fasilitas perlu diperhatikan agar proses eksperimen bisa berjalan dengan maksimal. Dan untuk guru 1) Agar guru menggunakan metode permaianan tradisional untuk meningkatkan perilaku prososial anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101221

Actions (login required)

View Item View Item