Perbedaan motivasi bermain game online ditinjau dari jenis kelamin pada rmaja di Komunitas Garuda e-Sports / Husnaeni Jayadi

Jayadi, Husnaeni (2018) Perbedaan motivasi bermain game online ditinjau dari jenis kelamin pada rmaja di Komunitas Garuda e-Sports / Husnaeni Jayadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Jayadi, Husnaeni. 2018. Perbedaan Motivasi Bermain Game Online Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Remaja di Komunitas Garuda E-Sports. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi, M.Si (II) Drs. H. Mohammad Bisri, M.Si Kata Kunci : motivasi bermain game online, jenis kelamin, remaja, anggota komunitas garuda e-sports. Penelitian ini dilandasi dengan isu game online banyak menyita perhatian remaja di Indonesia. Berdasarkan data Kominfo tahun 2016, pemain game online di Indonesia lebih dari 13 juta orang. Jumlah ini terus meningkat setiap tahun. Dengan semakin mudahnya mengakses game online membuat remaja memilih bentuk rekreasi yang lebih baru dan mudah untuk dilakukan. Motivasi bermain game online pada setiap individu berbeda. Motivasi bermain game online mununjukkan dorongan ataupun alasan yang membuat remaja untuk bermain game online. Laki-laki bermain game online karena menyukai tantangan, sementara perempuan untuk mencari teman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris perbedaan motivasi bermain game online antara remaja laki-laki dan perempuan di Komunitas Garuda E-Sport. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah anggota dari Komunitas Garuda E-Sport dengan jumlah sampel 87 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Menggunakan instrumen penelitian berupa skala Motivasi Game Online dengan reliabilitas 0,932, reliabilitas tersebut diperoleh dari jumlah aitem valid sebesar 29 aitem untuk skala Motivasi Bermain Game Online. Pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran instrument skala motivasi bermain game online menggunakan Google Drive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam motivasi bermain game online antara remaja laki-laki dan perempuan dalam Komunitas Garuda E-Sport. Angka perbedaan didapatkan sebesar 0,978. Hasil yang diperoleh lebih besar dari 0,05 (p>0,05), maka disimpulkan bahwa H0 diterima. Saran yang diberikan dari penelitian ini pada anggota komunitas Garuda ESports adalah diharapkan individu bermain game online hanya untuk menghabiskan waktu luang saja dan tetap mengutamakan tugas utama dalam kehidupan sehari-hari.. Untuk penelitian selanjutnya dapat mengembangkan alat ukur untuk motivasi bermain game online dengan variabel dan sampel yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101214

Actions (login required)

View Item View Item