Perbedaan tingkat kecemasan menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri siswa kelas XII MAN 1 Gresik ditinjau dari keikuitsertaan bimbingan belajar / Mohammad Shofiyur Rijal - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan tingkat kecemasan menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri siswa kelas XII MAN 1 Gresik ditinjau dari keikuitsertaan bimbingan belajar / Mohammad Shofiyur Rijal

Rijal, Mohammad Shofiyur (2018) Perbedaan tingkat kecemasan menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri siswa kelas XII MAN 1 Gresik ditinjau dari keikuitsertaan bimbingan belajar / Mohammad Shofiyur Rijal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rizal Mohammad Shofiyur. 2018. Perbedaan Tingkat Kecemasan Menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Siswa Kelas XII MAN 1 Gresik Ditinjau Dari Keikutsertaan Bimbingan Belajar. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hetti Rahmawati S.Psi M.Si. (II) Indah Yasminum Suhanti S.Psi M.Psi Kata kunci Tingkat Kecemasan SBMPTN Keikutsertaan Bimbingan Belajar Siswa kelas XII yang akan menghadapi SBMPTN sering kali mengalami kesulitan untuk mengkondisikan diri dalam menyikapi permasalahan yang sedang dihadapinya. Seperti sulit berkonsentrasi bingung takut pearasaan tegang khawatir keyakinan dan selalu gelisah. Hal tersebut tidak lepas dari kecemasan yang berlebihan. Sehingga para siswa menggantungkan harapannya dengan mengikuti bimbingan belajar dengan harapan dapat mencapai keberhasilan pendidikan dengan cara praktis yakni lolos SBMPTN. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi MAN 1 Gresik sebanyak 246 siswa. Namun yang dilibatkan sebanyak 126 siswa yang terbagi dalam dua kelompok yakni 63 siswa tidak mengikuti bimbingan belajar dan 63 siswa ikut serta bimbingan belajar. Dipilih menggunakan metode purposive sampling dan merupakan siswa kelas XII MAN 1 Gresik. Pengumpulan data menggunakan skala kecemasan menghadapi SBMPTN dengan reliabilitas tinggi. Hasil penelitian didapatkan adanya perbedaan tingkat kecemasan sebagaimana yang diukur skala kecemasan menghadapi SBMPTN. Selanjutnya dari perhitungan t-test menunjukkan hasil yang significant p-value 0 000 0 05 dan dengan t hitung t tabel yaitu 5 178 1 645 sehingga dapat dikatakan hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan tingkat kecemasan menghadapi SBMPTN ditinjau dari keikutsertaan bimbingan belajar. Hal ini diperoleh karena siswa yang mengikuti bimbingan belajar mendapatkan pengayaan materi dan proses pengulangan belajar yang berkelanjutan sehingga individu merasa lebih siap dan persepsi diri lebih mampu untuk menghadapi SBMPTN. Sedangkan untuk siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar hanya bergantung dengan materi pelajaran yang ada di sekolah sehingga membuat siswa lebih rentan merasa jenuh juga akan menekan emosinya maka akan memicu terjadinya kecemasan pada siswa tersebut. Implikasi yang diberikan untuk siswa ialah bahwa SBMPTN bukan merupakan hal yang perlu ditakuti juga dalam proses belajar tidak hanya mengandalkan lembaga bimbingan belajar untuk mencapai keberhasilan pendidikan secara praktis. Selanjutnya lembaga bimbingan belajar diharapakan tidak serta merta hanya memberikan bantuan layanan belajar kepada peserta didik akan tetapi lebih memperhatikan psikologis siswa itu sendiri untuk mengatasi masalah belajar yang dialaminya khususnya siswa yang hendak menghadapi SBMPTN. Bagi peniliti selanjutnya perlu dikembangkan penelitian pada variabel yang sama dengan karakteristik subjek penelitian yang lebih luas seperti membandingkan antar sekolah yang lebih bervariasi. Juga lebih memperhatikan waktu dan kondisi siswa saat pengambilan data agar hasil data yang diperoleh dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101205

Actions (login required)

View Item View Item