Health Belief Model (HBM) pada pasien Tuberculosis (TB) / Shabrina Fitri Rahmadini - Repositori Universitas Negeri Malang

Health Belief Model (HBM) pada pasien Tuberculosis (TB) / Shabrina Fitri Rahmadini

Rahmadini, Shabrina Fitri (2018) Health Belief Model (HBM) pada pasien Tuberculosis (TB) / Shabrina Fitri Rahmadini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Rahmadini Shabrina Fitri. 2018. Health Belief Model (HBM) pada Pasien Tuberculosis (TB). Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tutut Chusniyah M.Si. (II) Indah Yasminum Suhanti S.Psi. M.Psi. Kata kunci Health Belief Model Tuberculosis Tuberculosis (TB) adalah penyakit yang menyebabkan kematian dan bahkan menempati urutan 10 teratas sebagai penyakit paling mematikan menurut World Health Organization (WHO). Jawa Timur menempati urutan kedua dalam jumlah terbanyak penemuan kasus TB. Penggunaan Health Belief Model (HBM) mampu menilai keyakinan kesehatan seorang penderita tuberculosis. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana health belief model (HBM) pada pasien tuberculosis yaitu dengan cara mengetahui bagaimana keyakinan terhadap kerentanan keparahan manfaat dan hambatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian kualitatif generik. Subjek pada penelitian ini adalah lima pasien tuberculosis di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kualitatif observasi dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data display data serta verifikasi dan pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas transferabilitas dependabilitas serta konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita TB memiliki keyakinan yang baik dalam hal keparahan kerentanan manfaat dan halangan penyakit TB. Penderita mendapatkan cukup informasi mengenai penyakit TB melalui petugas kesehatan. Penderita tidak menghentikan pengobatan meskipun mengalami efek samping pengobatan. Penderita merasa mendapatkan lebih banyak manfaat dengan menuntaskan pengobatan. Penderita mendapatkan dukungan baik sosial maupun ekonomi. Disarankan untuk penderita TB agar bersikap kooperatif terhadap pengobatan demi mencapai kesembuhan. Serta bagi petugas kesehatan untuk dapat terus membimbing pasien TB dengan baik. Sedangkan bagi peneliti lainnya dapat mengembangkan model penelitian yang lebih praktisional. Saat ini beberapa dari partisipan telah selesai menjalani pengobatan. Fakta tersebut mengikuti hasil baik yang didapatkan setelah peneliti menilai HBM penderita TB. Dengan HBM yang baik maka sikap dan perilaku kesehatan dapat diprediksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101200

Actions (login required)

View Item View Item