Efikasi diri pemimpin dalam pengambilan kewputusan pada Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (OMEK) di Universitas Negeri Malang / Bakti Islam Mubarok

Mubarok, Bakti Islam (2018) Efikasi diri pemimpin dalam pengambilan kewputusan pada Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (OMEK) di Universitas Negeri Malang / Bakti Islam Mubarok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bakti , Islam,Mubarok. 2017. Efikasi Diri Pemimpin Dalam Pengambilan Keputusan Pada Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (OMEK) Di Universitas Negeri Malang.Skripsi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pemimbimbing (1) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi, M.Si, (2) Gamma rahmita Ureka Hakim,S.Psi, M.Psi Kata kunci :efikasi diri,pengambilan keputusan, pemimpin, organisasi mahasiswa Pemimpin merupakan penggerak roda organisasi agar tetap bisa berjalan sesuai dengan tujuan organisasi, dalam hal ini peran pemimpin menjadi sangat sentral dan akan timbul berbagai masalah, termasuk hasil wawancara pada seorang pemimpin yang memiliki efikasi diri rendah. Salah satu peran pemimpin adalah mengontrol, memberikan wewenang, dan mengambil keputusan. Efikasi diri menjadi aspek yang dibutuhkan pemimpin dalam melakukan tugasnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efikasi diri Pemimpin Dalam Pengambilan Keputusan Pada Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (OMEK) Di Universitas Negeri Malang. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis fenomenologi. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan teknik triangulasi dan re-check significant other. Penelitian dilaksanakan di kota Malang dengan partisipan sebanyak tiga mahasiswa pemimpin lembaga organisasi ekstra kampus yang semua subjek berjenis kelamin laki – laki. Hasil penelitian menunjukkan efikasi diri rendah pada pemimpin organisasi ekstra kampus. dalam pengambilan keputusan dapat dilihat dari kesimpulan pemimpin mendapatkan dukungan-dukungan dari internal organisasi menyangkut pengambilan keputusan , pemimpin melibatkan anggota dalam organisasi untuk ikut serta dalam proses pengambilan keputusan, pemimpin terbuka dengan masukan-masukan yang diberikan oleh internal maupun eksternal organisasi, terciptanya hubungan interpesonal yang kuat antara pemimpin dengan anggota, pengalaman masa lalu membantu pemimpin untuk mengambil suatu keputusan yang tepat, memposisikan diri sebagai pemimpin yang objektif,sehingga dapat dengan mudah meyakinkan anggota mengenai keputusan yang diambil, mampu mempertanggung jawabkan apa yang telah menjadi keputusan bersama, melakukan evaluasi diri untuk memperbaiki keputusan-keputusan yang dirasa kurang tepat, pemimpin menganalisa kondisi organisasi dan mengumpulkan banyak pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101197

Actions (login required)

View Item View Item