Efektivitas metode role playing untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini TK Dharma Wanita Persatuan Mangliawan Kabupaten Malang / Devi Subiyantini - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas metode role playing untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini TK Dharma Wanita Persatuan Mangliawan Kabupaten Malang / Devi Subiyantini

Subiyantini, Devi (2018) Efektivitas metode role playing untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini TK Dharma Wanita Persatuan Mangliawan Kabupaten Malang / Devi Subiyantini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Subiyantini Devi. 2017. Efektivitas Role playingUntuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Tk Dharma Wanita Persatuan Mangliawan Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi M.Psi. Kata kunci keterampilan sosial role playing. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas role playing untuk meningkatkanketerampilan sosial siswa khususnya pada anak usia dini. Role playingditerapkan sebagai suatu program untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan bermain aktif yang menyenangkan dengan metode role playing anak diberi kesempatan untuk mengeksplorasi apa yang ada di lingkungan sekitar anak. Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan sosial siswa. Penelitian menggunakan rancangan penelitian eksperimental dengan desain randomized Pretest-Postest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa TK kelompok B 20 siswa untuk kelompok eksperimen dan 20 siswa untuk kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi instrumen pengumpulan data dan instrumen perlakuan yang dikembangkan oleh peneliti sendiri. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen observasiketerampilan sosial yang berjumlah 16 aitem dengan instrumen perlakuan berupa paketRole Playing. Teknik analisis yang digunakan adalah uji beda non-parametrik Mann Withney U. Hasil penelitian menunjukan nilai Sig. (2-tailed) adalah0 002 0 05 yang diartikan adanya perbedaan antara hasil pretest-posttest dan kedua kelompok. Selain itu menggunakan penghitungan effect size untuk melihat besarnya keefektifan pendekatan dalam keterampilan sosial siswa. Diperoleh hasil 0 773 dimana angka tersebut masuk dalam kategori efek sedang.Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa paketrole playingefektif dalam meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini. Saran yang diberikan kepada guru adalah pendekatan role playing untuk meningkatkan kemampuan keterampilan sosial siswa. Saran kepada peserta didik adalah melatih kemampuan keterampilan sosial dengan meningkatkan kemampuan komunikasi dan berinteraksi secara positif dengan orang lain. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah 1) Memperhatikan kemampuan keterampilan sosial siswa diluar pemberian treatmen 2) menggunakan metode lain 3) melakukan penelitian lanjutan dengan metode berbeda subjek lebih luas waktu yang lebih lama dan menambahkan jumlah intervensi. Abstract Subiyantini Devi .2017 The effectiveness of Role Playing to Improve The Early ChildhoodSocial SkillsIn Tk Dharma Wanita Persatuan Mangliawan Malang Distric. Thesis Department of Psychology Faculty of Psychology Education State University of Malang. Counselor (I) Dr. Moh. Irtadji M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi M.Psi. Keywords social skills role playing. This experimental research aims to determine the effectiveness of role playing to improve the social skills of students especially in early childhood. Role playing is applied as a program to improve students social skills by playing actively and fun with the role-playing method of the children are given an opportunity to explore what is in the environment around them. This program is expected to improve students social skills. This study used an experimental research design with randomized Pretest Post-test Control Group Design. Subjects in this study were students of Kindergarten Group B 20 students for the experimental group and 20 students for the control group. The instrument used in this study is divided into instrument of data collection and instrument of treatment which those are developed by the researcher. Instrument of data collection takes form of social skill observation instrument which are 16 items with instrument of treatment in the form of Role Playing set. The analysis technique used is non-parametric difference test by Mann Whitney U. The results showed the value ofSig. (2-tailed) is 0.002

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101189

Actions (login required)

View Item View Item