Penerapan metode Structured Dyadic Methods (SDM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMK Nahdlatul Ulama Bululawang Kabupaten Malang / Rohmatul Salsabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode Structured Dyadic Methods (SDM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMK Nahdlatul Ulama Bululawang Kabupaten Malang / Rohmatul Salsabila

Salsabila, Rohmatul (2018) Penerapan metode Structured Dyadic Methods (SDM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMK Nahdlatul Ulama Bululawang Kabupaten Malang / Rohmatul Salsabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Salsabila Rohmatul. 2018. Penerapan Metode Structured Dyadic Methods (SDM) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMK Nahdlatul Ulama Bululawang Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M. Ed (II) Dr. H. Cipto Wardoyo SE M. Pd M. Si Ak CA Kata kunci Pembelajaran Structured Dyadic Methods Aktivitas Hasil Belajar Hasil observasi awal yang telah dilakukan di kelas X Akuntansi SMK Nahdlatul Ulama Bululawang menunjukan bahwa (1) masih berpusat pada guru (2) masih banyak siswa yang mendapat hasil belajar di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) (3) terdapat siswa yang tidak mendengarkan penjelasan dari guru. Oleh karena itu diperlukan sebuah model pembelajaran yang memberdayakan potensi yang dimiliki siswa sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan pada akhirnya hasil belajar siswa juga yang meningkat. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Dyadic Methods (SDM). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Nahdlatul Ulama Bululawang yang berjumlah 34 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yang terdiri dari menyusun rancangan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan tindakan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan dilakukan pada saat awal sampai akhir pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SDM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 64% dan meningkat pada siklus II sebesar 81%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 44% dan meningkat pada siklus II sebesar 91%. Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa ini karena siswa telah melakukan berbagai aktivitas yang terdapat pada lembar observasi secara maksimal dan sesuai dengan elemen-elemen pembelajaran kooperatif yang meliputi ketergantungan positif tanggung jawab individu tatap muka komunikasi antar anggota dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe SDM menjadi salah stau alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa karena memberikan ketergantungan positif antara satu siswa dan siswa lainnya dengan adanya interaksi diantara siswa untuk saling membantu dalam menguasai materi guna mencapai hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101184

Actions (login required)

View Item View Item