Faktor-faktor penyebab munculnya perilaku agresi pada siswa usia kanak-kanak akhir di SDN Karang Besuki 1 Kota Malang / Firda Faizannisa

Faizannisa, Firda (2018) Faktor-faktor penyebab munculnya perilaku agresi pada siswa usia kanak-kanak akhir di SDN Karang Besuki 1 Kota Malang / Firda Faizannisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Faizannisa, Firda. 2017. Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Perilaku Agresi Pada Siswa Usia Kanak-Kanak Akhir Di SDN Karang Besuki 1 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang: (I) Nur Eva, S.Psi., M.Psi (II) Farah Farida Tantiani, S.Psi., M.Psi Kata Kunci: perilaku agresi, usia kanak-kanak akhir Masa kanak-kanak akhir (usia 6-12 tahun) adalah periode ketika anak- anak dianggap mulai dapat bertanggung jawab atas perilakunya sendiri, dalam hubungannya dengan orang tua mereka, teman sebaya, dan orang lain.mengatakan bahwa pada usia kanak-kanak akhir, anak-anak mulai dapat belajar mengendalikan dan menahan emosi negatif mereka. Anak-anak belajar tentang apa yang membuat mereka marah, sedih, dan takut, serta bagaimana orang lain bereaksi dalam menunjukkan emosi ini, dan anak belajar mengadaptasikan emosi mereka dengan perilaku mereka dengan emosi tersebut. Namun, tidak semua anak-anak di usia kanak-kanak akhir mampu dengan baik memahami perasaan orang lain ketika bersosialisasi, salah satunya adalah siswa yang bermasalah di sekolah seperti berperilaku agresif, hal ini menandakan bahwa anak belum mampu memahami perasaan orang lain dan mengendalikan emosi negatif mereka. Perilaku agresi adalah tindakan yang secara sengaja dilakukan untuk menyakiti orang lain secara fisik (misalnya memukul, mendorong, atau berkelahi) ataupun psikologis (misalnya mempermalukan, menghina, atau mengucilkan orang lain. Fokus dalam penelitian ini adalah mengetahui serta mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan perilaku agresi pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berupa studi kasus dalam bentuk pengambilan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi pada partisipan yaitu keempat siswa berperilaku agresi, yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran perilaku partisipan secara alamiah dan mendalam terkait faktor-faktor penyebab munculnya perilaku agresi pada setiap partisipan, serta peneliti akan memperkuat data dari wawancara informan lain yaitu guru wali kelas partisipan yang digunakan peneliti untuk membuktikan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa empat dari lima faktor penyebab munculnya perilaku agresi yaitu: faktor naluri agresi dari dalam diri individu, faktor mengamati, faktor dorongan dari dalam diri individu (drive), serta faktor kognisi dan motivasi adalah faktor-faktor yang memicu munculnya perilaku agresi fisik maupun verbal pada keempat partisipan karena adanya stimulus dari lingkungan luar diri partisipan yang bersifat menganggu dan mengancam yang menyebabkan partisipan berperilaku agresi dengan tujuan melindungi diri dan meluapkan perasaan marah. Hanya terdapat satu perilaku agresi partisipan yang muncul tanpa adanya stimulus yaitu disebabkan oleh faktor bermain permainan elektronik dan menonton film dengan genre kekerasan yang mendorong partisipan untuk berperilaku agresi, perilaku agresi tersebut muncul karena partisipan ingin meniru adegan tokoh kekerasan dari film dan game pada kehidupan nyata mereka dengan alasan agar terlihat keren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101183

Actions (login required)

View Item View Item