Pencapaian generativitas mantan narapidana tindak pidana korupsi dewasa tengah / Melynda Narawika Rengganis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pencapaian generativitas mantan narapidana tindak pidana korupsi dewasa tengah / Melynda Narawika Rengganis

Rengganis, Melynda Narawika (2018) Pencapaian generativitas mantan narapidana tindak pidana korupsi dewasa tengah / Melynda Narawika Rengganis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Narawika Melynda. 2017.Pencapaian Generativitas Mantan Narapidana Tindak Pidana Korupsi Dewasa Tengah. Skripsi. Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Nur Eva S.Psi. M.Psi. (II) Mohammad Bisri M.Si. Kata kunci generativitas mantan narapidana dewasa tengah Kebebasan merupakan proses yang paling ditunggu oleh narapidana yang sedang menjalani masa hukuman. Narapidana bisa kembali berekspresi serta hidup bebas tanpa aturan yang mengikat seperti pada saat menjalani hukuman penjara. Sebagian besar dari pelaku pelanggaran hukum sesungguhnya hanyalah orang-orang yang secara situasional (dalam keadaan khusus) melakukan pelanggaran hukum dan kemungkinan pengulangan pelanggarannya kecil. Atau bisa jadi orang-orang yang melakukan pelanggaran tersebut sebenarnya adalah korban yang kemudian berubah status menjadi tersangka. Erikson (1968) menyatakan bahwa orang dewasa tengah menghadapi sebuah isu penting yaitu generativitas versus stagnasi. Ini merupakan istilah yang diberikan oleh Erikson untuk tahap ketujuh dalam teori masa hidup. Generativitas merujuk pada hasrat orang dewasa untuk mewariskan sesuatu dari diri mereka kepada generasi selanjutnya. Hal tersebut tentunya berpengaruh pada tugas perkembangan yaitu pencapaian generativitas pada mantan narapidana itu sendiri. Dan apabila generativitas tidak dapat dicapai maka tentunya akan terjadi stagnasi. Tujuan penelitian ini secara rinci adalah untuk mengetahui bagaimana Pencapaian Generativitas mantan rarapidana tipikor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik fenomenologi menggunakan tiga subjek 2 orang laki-laki dan 1 orang perempuan yang pernah menjalani masa hukuman karena kasus tipikor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Para Mantan Napi dapat mencapai Generativitas mereka memaknai generativitas sebagai upaya untuk aktualisasi agar bisa menularkan ilmu atau pengalaman subjek ke orang lain dan kebutuhan akan penerimaan diri ketiga subjek sebenarnya hanyalah korban dari sebuah kebijakan atau sistem yang akhirnya membuat mereka berubah status menjadi tersangka. Generativitas tersebut dapat dicapai salah satunya karena dukungan dari pihak keluarga teman-teman serta orang disekitar subjek. Dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan melakukan penelitian lagi yang cakupannya lebih luas karena pada konteks penelitian ini hanya berfokus panda mantan narapidana tipikor khususnya dewasa tengah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101182

Actions (login required)

View Item View Item