Pengaruh metode pembelajaran peer tutoring untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada tutor siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wlingi / Paramita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran peer tutoring untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada tutor siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wlingi / Paramita Sari

Sari, Paramita (2018) Pengaruh metode pembelajaran peer tutoring untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada tutor siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wlingi / Paramita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Paramita. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Pada Tutor Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wlingi. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Weni Utami M.Si Psikolog. (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Kata kunci kecerdasan interpersonal metode pembelajaran peer tutoring . Siswa kelas VII SMP pada umumnya berusia 12-14 tahun. Pada usia tersebut siswa memasuki masa perkembangan remaja. Masa remaja merupakan masa dimana seseorang lebih banyak menghabiskan waktu untuk temantemannya sehingga teman-teman mempengaruhi beberapa aspek perkembangan lebih banyak daripada saat kanak-kanak. Namun siswa SMP belum optimal dalam mengembangkan kemampuan interpersonal. Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk memahami dan bekerja sama dengan orang lain. Agar siswa dapat meningkatkan kecerdasan tersebut dapat dilatih melalui penerapan metode pembelajaran salah satunya adalah peer tutoring. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode pembelajaran Peer Tutoring untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada tutor siswa kelas VII. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen one group pretest post-test subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 dengan karakteristik diantaranya siswa SMPN 1 Wlingi kelas VII laki-laki dan perempuan berusia 12 sampai 13 tahun memiliki kemampuan mata pelajaran IPS yang tinggi dan sangat tinggi kecerdasan interpersonal yang rendah dan sangat rendah dan berperan sebagai tutor. Subjek diberikan tes menggunakan skala kecerdasan interpersonal berjumlah 48 butir pertanyaan lalu menerapkan treatment melalui peer tutoring berdasarkan buku panduan kemudian diberikan tes kecerdasan interpersonal kembali untuk mengetahui perubahan kecerdasan interpersonal antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Melalui uji paired sample t-test bertujuan untuk mengetahui perbedaan sebelum dengan sesudah pemberian treatment. Uji ini mendapatkan hasil bahwa nilai signifikansi sebesar 0 000 maka lebih kecil dari ketetapan 0 05 dan diperoleh juga bahwa nilai t hitung sebesar 13 217 dan t tabel sebesar 2 093. Maka 13 217 2 093. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan sebelum dengan sesudah pemberian treatment berupa peningkatan skor kecerdasan interpersonal. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran peer tutoring berpengaruh dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya penerapan peer tutoring diterapkan pada jam sekolah agar menghindari adanya variabel bebas dalam hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101177

Actions (login required)

View Item View Item