Efektivitas assertiveness training dalam meningkatkan assertivitas siswa kelas VIII SMPK Cor Jesu malang / Dini Ayu Indraswari

Indraswari, Dini Ayu (2018) Efektivitas assertiveness training dalam meningkatkan assertivitas siswa kelas VIII SMPK Cor Jesu malang / Dini Ayu Indraswari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indraswari Dini Ayu. 2017. Efektivitas Assertiveness Training dalam Meningkatkan Asertivitas Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi M.Psi. Kata kunci asertivitas assertiveness training. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk meningkatkan asertivitas siswa khususnya pada remaja awal. Assertiveness training diterapkan sebagai suatu program untuk melatih asertivitas siswa dengan mempelajari strategi-strategi beradaptasi terhadap lingkungan dengan baik. Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan asertivitas siswa. Penelitian menggunakan rancangan penelitian eksperimental dengan desain randomized Pretest-Postest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPK Cor Jesu Malang 30 siswa untuk kelompok eksperimen dan 30 siswa untuk kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi instrumen pengumpulan data dan instrumen perlakuan yang dikembangkan oleh peneliti sendiri. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen skala asertivitas yang berjumlah 27 aitem dengan indeks reliabilitas sebesar 0 729 dan instrumen perlakuan berupa modul Assertiveness Training. Teknik analisis yang digunakan adalah uji beda paired sample t-test dan independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0 000 0 05 yang diartikan adanya perbedaan antara hasil pretest-posttest dan kedua kelompok. Selain itu menggunakan penghitungan effect size untuk melihat besarnya keefektifan pendekatan dalam asertivitas siswa. Diperoleh hasil 0 93 dimana angka tersebut masuk dalam kategori efek besar. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa Assertiveness Training efektif dalam meningkatkan kemampuan asertivitas siswa. Saran yang diberikan kepada guru adalah pendekatan Assertiveness Training efektif untuk meningkatkan kemampuan asertivitas siswa. Saran kepada peserta didik adalah melatih kemampuan asertivitas dengan memecahkan dan memikirkan masalahnya secara berkelompok. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah 1) Memperhatikan kemampuan asertivitas siswa diluar pemberian treatmen 2) menggunakan metode lain 3) melakukan penelitian lanjutan dengan metode berbeda subjek lebih luas waktu yang lebih lama dan menambahkan jumlah intervensi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101170

Actions (login required)

View Item View Item