Hubungan dukungan sosial dan parenting self-efficacy pada orang tua anak dengan autism spectrum disorder di Kota Blitar / Resty Albintary

Albintary, Resty (2018) Hubungan dukungan sosial dan parenting self-efficacy pada orang tua anak dengan autism spectrum disorder di Kota Blitar / Resty Albintary. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Albintary, Resty. 2017. Hubungan Dukungan Sosial dan Parenting Self-Efficacy pada Orang Tua Anak dengan Autism Specturm Disorder di Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hetti Rahmawati, S.Psi., M.Si, (II) Farah Farida Tantiani, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci: dukungan sosial, parenting self-efficacy, orang tua anak dengan autism spectrum disorder, kota Blitar Orangtua yang memiliki anak dengan autism spectrum disorder harus dapat melakukan pengasuhan yang sesuai untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Pengasuhan yang sesuai didasari dengan memiliki parenting self-efficacy yang baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi parenting self-efficacy adalah dukungan sosial. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan parenting self-efficacy pada orang tua anak dengan autism spectrum disorder di Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 70 orang tua anak dengan autism spectrum disorder di kota Blitar. Sampel penelitian ini sebanyak 35 orang dan diambil dengan menggunakan teknik sampel random. Instrumen yang digunakan adalah skala dukungan sosial dan skala parenting self-efficacy, dengan reliabilitas 0,846 dan 0,896. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua anak dengan autism spectrum disorder di Kota Blitar yang memiliki parenting self-efficacy dalam kategori sedang 68,6% dan mendapat dukungan sosial dalam kategori tinggi 82,9%. Terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dan parenting self-efficacy, dengan nilai rxy= 0,391, p-value = 0,20 ( p < 0,05 ). Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah bagi orang tua, khususnya bagi ayah, diharapkan dapat memanfaatkan dukungan sosial yang telah diberikan pihak-pihak terkait secara maksimal, sehingga dapat memiliki keyakinan diri lebih baik dalam melakukan pengasuhan terhadap anak dengan autism spectrum disorder. Bagi Pusat Layanan Autis Kota Blitar diharapkan dapat melakukan pendekatan mendalam melalui program-program khusus, seperti konseling individu dan seminar parenting untuk orang tua dengan tujuan membantu orang tua dalam menyelesaikan masalahmasalah pengasuhan anak dengan autism spectrum disorder. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian dengan memperhitungkan faktor-faktor lain seperti faktor ekonomi, gender, usia, atau faktor pekerjaan pada orang tua anak dengan autism spectrum disorder, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih luas mengenai parenting self-efficacy orang tua anak dengan autism spectrum disorder.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101169

Actions (login required)

View Item View Item