Hubungan antara sikap terhadap perilaku membeli K-Pop Goodies dengan intensi membeli pada komunitas penggemar musik pop Korea / Pawestri, Triana Ayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara sikap terhadap perilaku membeli K-Pop Goodies dengan intensi membeli pada komunitas penggemar musik pop Korea / Pawestri, Triana Ayu

Pawestri, Triana Ayu (2017) Hubungan antara sikap terhadap perilaku membeli K-Pop Goodies dengan intensi membeli pada komunitas penggemar musik pop Korea / Pawestri, Triana Ayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pawestri Triana Ayu. 2017. Hubungan antara Sikap terhadap Perilaku Membeli K-Pop Goodies dengan Intensi Membeli pada Komunitas Penggemar Musik Pop Korea. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Fattah Hidayat S.Psi. M.Si (II) Ninik Setiyowati S.Psi. M.Psi. Kata Kunci sikap terhadap perilaku membeli intensi membeli k-pop komunitas penggemar. Perkembangan Hallyu atau Korean wave di Indonesia turut mempengaruhi kegiatan konsumsi barang-barang produksi Korea maupun yang bernuansa Korea. Huang (dalam Kusbianto 2013) menyatakan bahwa para penggemar budaya populer Korea rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli barangbarang yang ditemui dalam serial drama Korea maupun barang-barang yang dipergunakan oleh aktor aktris serta penyanyi idolanya sebagai upaya untuk merasa lebih dekat atau bahkan agar dapat berpenampilan seperti idolanya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran sikap terhadap perilaku membeli K-Pop goodies pada komunitas penggemar musik pop Korea (2) gambaran intensi membeli K-Pop goodies pada komunitas penggemar musik pop Korea (3) hubungan antara sikap dengan intensi membeli K-Pop goodies pada komunitas penggemar musik pop Korea. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan sampel 51 orang anggota komunitas JYJFI yang ditentukan dengan teknik incidental sampling. Hasil uji validitas aitem skala sikap terhadap perilaku membeli K-Pop goodies memperoleh nilai validitas sebesar 0 253 sampai 0 690 dengan koefisien Alpha-Cronbach sebesar 0 876. Sedangkan untuk hasil uji validitas aitem skala intensi membeli K-Pop goodies diperoleh nilai validitas sebesar 0 790 sampai 0 857 dengan koefisien Alpha-Cronbach sebesar 0 908. Uji hipotesis yang digunakan yakni Koefisien Korelasi Spearman dengan signifikansi p 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sikap terhadap perilaku membeli K-Pop goodies berada pada taraf sedang (88 24%) (2) intensi untuk membeli KPop goodies juga berada pada taraf sedang (68 63%) (3) terdapat hubungan positif signifikan antara sikap terhadap perilaku membeli K-Pop goodies dengan intensi membeli K-Pop goodies (rxy 0 468 dan p 0 001 0 05) artinya semakin tinggi sikap terhadap perilaku membeli K-Pop goodies maka semakin tinggi pula intensi untuk membeli K-Pop goodies pada komunitas penggemar K-Pop. Hasil penelitian yang berada dalam kategori sedang ini sebaiknya dipertahankan oleh komunitas penggemar K-Pop. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik pada pokok bahasan yang sama diharapkan untuk menambahkan variabel lain disamping sikap terhadap perilaku. sekaligus memperbanyak jumlah aitem serta subyek penelitian agar hasil yang diperoleh bisa lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101164

Actions (login required)

View Item View Item