Pratiwi, Noventia Sekar (2017) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap self regulated learning remaja Pondok Pesantren Surya Buana malang / Noventia Sekar Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pratiwi Noventia Sekar. 2017. Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Self Regulated Learning Remaja Pondok Pesantren Surya Buana Malang . Pembimbing (I) Dr. Sudjiono S.Pd. M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap self regulated learning remaja Pondok Pesantren Surya Buana Malang. 65 santri dengan kategori remaja dalam Pondok Pesantren Surya Buana Malang sebanyak 39 putra dan 26 putri. Santri digunakan sebagai sampel penelitian dengan teknik sampling jenuh. Ada dua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (a) Skala Motivasi Berprestasi dengan skor validitas terendah 0 258 dan skor validitas tertingginya 0 670 sedangkan tingkat reliabilitas 0 892 dan (b) Skala Self Regulated Learning dengan skor validitas terendah 0 256 dan skor validitas tertinggi 0 729 sedangkan tingkat reliabilitas 0 878. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif regresi sederhana. Hasil analisis deskriptif dari 65 subjek yang diteliti menunjukkan bahwa 36 (55 38%) memiliki motivasi berprestasi rendah serta 33 (50 76%) memiliki self regulated learning rendah. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan regresi sederhana diperoleh signifikansi sebesar 0 000 dengan koefisien regresi positif (p 0 05). Artinya bahwa ada pengaruh positif motivasi berprestasi terhadap self regulated learning. Berdasarkan hasil analisis diperoleh tiga kesimpulan yaitu (1) motivasi berprestasi remaja pondok pesantren Surya Buana Malang dalam kategori rendah (2) self regulated learning remaja pondok pesantren Surya Buana Malang dalam kategori rendah (3) ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap self regulated learning remaja pondok pesantren Surya Buana Malang Artinya semakin tinggi motivasi berprestasi maka semakin tinggi pula self regulated learning begitupun sebaliknya. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan (a) bagi santri pondok pesantren menuliskan target jangka panjang santri antar santri saling memberikan semangat membentuk kelompok belajar bersama santri lain. (b) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melihat variabel lain yang memungkinkan mempengaruhi motivasi berprestasi maupun self regulated learning. Kata Kunci motivasi berprestasi self regulated learning remaja pondok pesantren.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Dec 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/101163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |