Spiritual leadership pada Suku Waerebo di Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT) / Reginaldis Ursula Riberu - Repositori Universitas Negeri Malang

Spiritual leadership pada Suku Waerebo di Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT) / Reginaldis Ursula Riberu

Riberu, Reginaldis Ursula (2017) Spiritual leadership pada Suku Waerebo di Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT) / Reginaldis Ursula Riberu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riberu Reginaldis Ursula. 2017. Spiritual Leadership Pada Suku Waerebo Di Manggarai Nusa Tengggara Timur. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diyah Sulistiyorini S.Psi. M.Psi. (II) Ninik Setiyowati S.Psi. M.Psi. Kata Kunci Spiritual Leadership Suku Waerebo Etnografi Suku Waerebo adalah kampung adat tradisional yang terletak di dataran tinggi Manggarai yang adat istiadatnya masih bertahan. Masyarakat Suku Waerebo memiliki tujuan yaitu mempertahankan adat istiadat hal ini terlihat jelas dari bagaimana ketua adat dan masyarakat Waerebo berperilaku untuk memotivasi diri sendiri dan orang lain secara intrinsik sehingga memiliki rasa pertahanan spiritual melalui panggilan tugas dan keanggotaan memiliki makna dalam hidup merasa dimengerti dan dihargai serta merasa mengalami kehidupan yang berarti. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti spiritual leadership pada Suku Waerebo di Desa Satar Lenda Kecamatan Satar Mese Barat Kabupaten Manggarai Tengah Nusa Tenggara Timur (NTT). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan verifikasi subjek dan triangulasi data. Kegiatan analisis dilakukan dengan beberapa tahapan meliputi 1) analisis domain 2) analisis taksonomi 3) analisis komponensial dan 4) analisi tematik. Berdasarkan hasil analisis tersebut ditemukan spiritual leadership suku Waerebo sebagai berikut 1) gambaran atau karakteristik yang ingin dicapai dimasa yang akan datang di Waerebo adalah mempertahankan dan melestarikan budaya Waerebo yang merupakan warisan leluhur (empo Maro). 2) dalam menjalankan tugasnya memiliki rasa percaya dan kesediaan melakukan apapun untuk Waerebo. 3) mose onemai Waerebo kut Waerebo (hidup dari Waerebo untuk Waerebo) pedoman bagi mereka dalam menjalankan kehidupan di Waerebo. 4) bagi mereka jabatan sebagai ketua adat dan kepala dusun merupakan amanah dan tanggungjawab yang besar dari empo Maro yang harus dijaga. 5) selalu mendapat dukungan dari masyarakat dalam usaha untuk melestarikan dan mempertahankan adat istiadat suku Waerebo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101162

Actions (login required)

View Item View Item