Pengaruh kepadatan di kelas terhadap prestasi belajar tematik K13 pada siswa kelas V SDN I Pagentan / Devi Eka Ananta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepadatan di kelas terhadap prestasi belajar tematik K13 pada siswa kelas V SDN I Pagentan / Devi Eka Ananta

Ananta, Devi Eka (2017) Pengaruh kepadatan di kelas terhadap prestasi belajar tematik K13 pada siswa kelas V SDN I Pagentan / Devi Eka Ananta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ananta Devi Eka . 2017. Pengaruh Kepadatan Di Kelas Terhadap Prestasi Belajar Tematik K13 Pada Siswa Kelas V SDN I Pagentan. Skripsi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed (2) Gamma Rahmita Ureka Hakim S.Psi. M.Psi. Kata Kunci Kepadatan Kelas Prestasi Belajar Sekolah Dasar Prestasi belajar merupakan indikator keberhasilan dalam proses pendidikan. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar baik itu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal adalah kepadatan kelas. Kepadatan mengacu pada variabel kondisi fisik yaitu jumlah orang pada suatu unit area. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin menguji pengaruh kepadatan di kelas terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas V SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen ini menggunakan jenis randomized two group design posttest only. Populasi penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 60 siswa yang terbagi dalam 2 kelompok. Analisis data menggunakan uji beda yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t sebesar 3 364 1 697 dengan nilai signifikansi 0 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101158

Actions (login required)

View Item View Item