Pengaruh status sosial ekonomi dan pola asuh orang tua terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMPN 1 Karangrejo Tulungagung / Dwi Wahyu Amita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi dan pola asuh orang tua terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMPN 1 Karangrejo Tulungagung / Dwi Wahyu Amita Sari

Sari, Dwi Wahyu Amita (2017) Pengaruh status sosial ekonomi dan pola asuh orang tua terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMPN 1 Karangrejo Tulungagung / Dwi Wahyu Amita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Dwi Wahyu Amita. 2017. Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kenakalan Siswa Kelas VIII SMPN 1 Karangrejo Tulungagung. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudjiono S.Pd. M.Si (II) Farah Farida Tantiani S.Psi. M.Psi. Kata Kunci kenakalan siswa status sosial ekonomi pola asuh orang tua. Tujuan penelitian ini adalah (a) untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan pola asuh orang tua terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMPN 1 Karangrejo Tulungagung (b) untuk menggambarkan kenakalan siswa status sosial ekonomi dan pola asuh orang tua di SMPN 1 Karangrejo Tulungagung. Alat ukur yang digunakan yaitu (a) Skala kenakalan siswa dengan reliabilitas 0 900 (b) Angket status sosial ekonomi orang tua dengan reliabilitas 0 852 dan (c) Skala pola asuh orang tua dengan reliabilitas 0 934. Jumlah siswa kelas VIII SMPN 1 Karangrejo 321 orang yang diambil sebagai sampel dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh 108 siswa yang terdiri dari 140 laki-laki dan 181 perempuan. Penelitian kuantitatif ini berjenis deskriptif korelasional dengan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan kenakalan siswa kategori tinggi 17 siswa (16%) sedang 77 siswa (71%) dan rendah 14 siswa (13%). Status sosial ekonomi orang tua kategori tinggi 24 siswa (22%) menengah 66 siswa (61%) dan rendah 18 siswa (17%). Berdasarkan kecenderungan pola asuh 29 siswa (27%) mendapat pola asuh permisif 23 siswa (21%) mendapat pola asuh otoriter dan 56 siswa (52%) mendapat pola asuh otoritatif. Hasil uji t dengan regresi linier berganda diperoleh (a) nilai signifikansi 0 000 untuk status sosial ekonomi (b) 0 001 untuk pola asuh permisif (c) 0 016 untuk pola asuh otoriter (d) 0 000 untuk pola asuh otoritatif. Artinya status sosial ekonomi dan pola asuh orang tua secara parsial mempengaruhi kenakalan siswa. Selanjutnya hasil uji F menunjukkan signifikansi 0 000 yang berarti status sosial ekonomi dan pola asuh orang tua secara bersama-sama mempengaruhi kenakalan siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh tiga kesimpulan yaitu (1) ada pengaruh positif status sosial ekonomi orang tua terhadap kenakalan siswa (2) ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap kenakalan siswa dan (3) tidak ada pengaruh perbedaan status sosial ekonomi dan pola asuh orang tua terhadap kenakalan siswa. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) siswa hendaknya mengontrol perilakunya dan fokus pada pelajaran di sekolah (2) Orang tua hendaknya tidak hanya mementingkan kebutuhan materi tetapi juga kasih sayang dan perhatian (3) Sekolah diharapkan lebih tegas menindak siswa yang melanggar aturan serta lebih menggiatkan program konseling dan (4) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas lokasi penelitian dan menggunakan variabel bebas lainnya. ABSTRACK Sari Dwi Wahyu Amita. 2017. The Influence of Socioeconomic Status and Parenting Style on Juvenile Delinquency of the Eight Grade Students of SMPN 1 Karangrejo Tulungagung. Thesis. Faculty of Educational Psychology State University of Malang. Supervisor (I) Dr. Sudjiono S.Pd. M.Si (II) Farah Farida Tantiani S.Psi. M.Psi. Key words juvenile delinquency socioeconomic status parenting style. The purpose of this research was (a) to know the influence of socioeconomic status and parenting style on juvenile delinquency of the eight grade students of SMPN 1 Karangrejo Tulungagung (2) to describe juvenile delinquency socioeconomic status and parenting style at SMPN 1 Karangrejo Tulungagung. The measuring tool used in this research consist of (1) juvenile delinquency scale with reliability 0.900 (2) socioeconomic status questionnaire with reliability 0.852 and (3) parenting style scale with reliability 0.934. The participant quantity are 321 students who took as sample with cluster random sampling technique and found out 108 students wich consists 140 male and 181 female. This quantitative research is a descriptive correlational by multiple linear regression analysis. The results of descriptive analysis show that 17 students (16%) have high category of juvenile delinquency middle are 77 students (71%) and low 14 students (13%). The parent s socioeconomic status of the which include high category are 24 students (22%) intermediate 66 students (61%) and low are 18 students (17%). Based on the tendency of parenting style 29 students (27%) got permissive parenting 23 students (21%) received authoritarian parenting and 56 students (52%) got authoritative parenting. The t-test results with multiple linear regression were obtained (a) significance value for socioeconomic status is 0 000 (b) 0 001 for permissive parenting (c) 0 016 for authoritarian parenting (d) 0 000 for authoritative parenting. This means that the socioeconomic status and parenting style partially influence students delinquency. Furthermore the F test show that significance value 0 000 which means the socioeconomic status and parenting style together influence students delinquency. Based on the results of the analysis of the obtained three conclusions namely (1) there is a positive influence of socioeconomic status to the juvenile delinquency (2) there is the influence of parenting style to the juvenile delinquency and (3) there is no influence of the difference socioeconomic status and parenting style to the juvenile delinquency. Advice that can be given are (1) Student be able to control his behavior and focus on the lessons at school (2) Parents should not only concern the material needs but also the affection and attention in children (3) School is advisable to be more assertive in cracking down on students who break the rules as well as invigorate the program counseling more and (4) Future research is expected to expand research and location using other independent variables.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101154

Actions (login required)

View Item View Item