Pengaruh media belajar pop up book terhadap kepercayaan diri siswa TK Plus Mutiara Ilmu Pandaan / Ali Mudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media belajar pop up book terhadap kepercayaan diri siswa TK Plus Mutiara Ilmu Pandaan / Ali Mudin

Mudin, Ali (2017) Pengaruh media belajar pop up book terhadap kepercayaan diri siswa TK Plus Mutiara Ilmu Pandaan / Ali Mudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mudin Ali. 2017. Pengaruh Media Belajar Pop Up Book terhadap Kepercayaan Diri Siswa TK Plus Mutiara Ilmu Pandaan. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudjiono M.Si (II) Drs. H. Mohammad Bisri M.Si. Kata kunci anak usia dini kepercayaan diri Pop Up Book Kebutuhan seseorang sebagai makhluk sosial adalah saling menggantungkan dan memerlukan orang lain. Pada dasarnya hubungan antar manusia didasari oleh kepercayaan diri untuk mengungkapkan kebutuhan keinginan dan pendapatnya. Lebih dari itu kepercayaan diri sangat dibutuhkan sebagai pendorong seseorang memiliki energi dan semangat tinggi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Masa anak-anak menjadi sorotan utama peneliti dalam menumbuhkan dan mengembangkan kepercayaan diri. Media belajar Pop Up Book menjadi sebuah solusi dalam menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan diri. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media belajar Pop Up Book terhadap kepercayaan diri siswa TK Plus Mutiara Ilmu Pandaan. Penelitian ini mengggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalen control group desaign. Instrumen yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu instrument pengumpulan data dan instrumen perlakuan yang dikembangkan oleh peneliti sendiri. Instrumen pengumpulan data berupa anekdotal record dan pedoman observasi kepercayaan diri. Sedangkan instrumen perlakuan berupa panduan pelaksaan membuat Pop Up Book. Subyek penelitian adalah siswa kelas B1 dan B3 TK Plus Mutiara Ilmu Pandaan dengan jumlah subyek penelitian 25 siswa untuk kelompok kontrol dan 25 siswa untuk kelompok eksprimen. Data yang diperoleh dianalisis menggunaka uji beda Independent Samples T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0 000 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media belajar Pop Up Book terhadap kepercayaan diri siswa TK Plus Mutiara Ilmu Pandaan. Saran yang diberikan pada guru adalah 1) media Pop Up Book dapat diterapkan karena cukup kontekstual dan menarik perhatian bagi siswa 2) tidak ada salahnya menggunakan media baru seperti Pop Up Book untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Saran untuk peneliti selanjutnya 1) diharapkan untuk mengkaji pengaruh Pop Up Book terhadap kemampuan anak yang lain 2) perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan desain penelitian yang berbeda dan tema Pop Up Book yang lebih bervariasi 3) perlu diadakan penelitian pengembangan panduan pelaksanaan terkait kejelasan pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101153

Actions (login required)

View Item View Item