Perbedaan teknik peer mind mapping dengan individual mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Kedungboto Pasuruan / A'yunin Nadhifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan teknik peer mind mapping dengan individual mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Kedungboto Pasuruan / A'yunin Nadhifah

Nadhifah, A'yunin (2017) Perbedaan teknik peer mind mapping dengan individual mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Kedungboto Pasuruan / A'yunin Nadhifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nadhifah A yunin. 2017. Perbedaan Teknik Peer Mind Mapping Dengan Individual Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Kedungboto Pasuruan. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Kata Kunci siswa kelas v teknikpeermindmapping pembelajaran ipa prestasi belajar. Pembelajaran IPA di kelas V SDN Kedungboto Kab. Pasuruan cenderung berpusat pada guru. Hasil pengamatan menunjukkan guru kurang melibatkan keaktifan siswa sehingga siswa hanya mendengarkan atau melihat serta mencatat apa yang perlu dicatat. Pembelajaran seperti itu mengakibatkan siswa merasa bosan dalam pembelajaran. Untuk itu peneliti ingin meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V dengan memberikan teknikpeer mind mapping. Peer Mind Mapping adalah sebuah strategi setiap siswa diajak untuk turun aktif dalam proses pembelajaran dan menuntut saling ketergantungan yang positif terhadap kelompoknya serta menggunakan catatan yang kreatif efektif dan secara harfiah akan memetakan pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN Kedungboto Pasuruan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Instrumen yang digunakan terbagi menjadi instrumen pengumpulan data dan instrumen perlakuan yang dikembangkan oleh peneliti sendiri. Instrumen penelitian berupa tes prestasi IPA berupa soal pilihan ganda sedangkan instrumen perlakuan berupa panduan pelaksanaan teknik peer mind mapping untuk kelompok satu dan panduan pelaksanaan individual mind mapping untuk kelompok dual. Penelitian ini menggunakan 40 subjekData yang diperoleh dinalisis menggunakan uji independen sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0 027

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101152

Actions (login required)

View Item View Item