Pengaruh joyful learning untuk meningkatkan long term memory bahasa Inggris pada siswa dengan pola asuh otoriter / Gabriela Natalia P.P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh joyful learning untuk meningkatkan long term memory bahasa Inggris pada siswa dengan pola asuh otoriter / Gabriela Natalia P.P.

Pattiradjawane, Gabriela Natalia Priskilla (2017) Pengaruh joyful learning untuk meningkatkan long term memory bahasa Inggris pada siswa dengan pola asuh otoriter / Gabriela Natalia P.P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK P.P Gabriela Natalia 2017. Pengaruh Joyful Learning untuk Meningkatkan Long Term Memory Bahasa Inggris Pada Siswa Dengan Pola Asuh Otoriter. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Weni Utami M.Si. (II) Aji Bagus Priyambodo M.Psi. Kata Kunci joyful learning long term memory bahasa inggris Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang diwajibkan untuk menjadi mata pelajaran utama dalam dunia pendidikan. Bahasa Inggris dianggap merupakan bahasa universal yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan semua orang di dunia. Akan tetapi Bahasa Inggris bukanlah pelajaran yang mudah untuk dipelajari dan dipahami oleh beberapa siswa Di SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo. Beberapa faktor menjadi alasan kesulitan belajar Bahasa Inggris salah satunya adalah metode belajar yang membosankan. Hal ini menjadi fokus perhatian peneliti. Karena metode belajar yang membosankan membuat long term memory Bahasa Inggris yang mereka miliki rendah. long term memory merupakan kemampuan untuk menyimpan informasi yang ada dalam jangka waktu yang lama. Yang menjadi penyebab rendahnya long term memory bahasa inggris adalah beberapa diantara mereka dididik dengan pola asuh otoriter. Mereka terbiasa disiplin di rumah akan tetapi di sekolah justru kebalikannya. Penelitian ini menerapkan metode pembelajaran joyful learning dengan mengunakan media audio visual berupa video untuk meningkatkan long term memory bahasa inggris pada siswa dengan pola asuh otoriter. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain one groups pretest dan posttest. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas VIII SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo. Instrumen yang digunakan adalah tes long term memory bahasa inggris dengan jumlah soal 27 dengan indeks reliabilitas sebesar 0.725. Perlakuan (treatment) pada penelitian ini adalah joyful learning. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis statistik nonparametrik Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan SPSS 24 for Windows. Berdasarkan tabel Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh Koefisien nilai z sebesar -2 825 dengan p (0.005) 945 0.05 yang artinya hipotesis diterima. Kesimpulannya ada Pengaruh joyful learning untuk meningkatkan long term memory pada siswa dengan pola asuh otoriter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101146

Actions (login required)

View Item View Item