Pengaruh metode sosiodrama untuk meningkatkan perilaku prososial pada anak usia 7-8 tahun / Mimin Fitriah Nur - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode sosiodrama untuk meningkatkan perilaku prososial pada anak usia 7-8 tahun / Mimin Fitriah Nur

Nur, Mimin Fitriah (2017) Pengaruh metode sosiodrama untuk meningkatkan perilaku prososial pada anak usia 7-8 tahun / Mimin Fitriah Nur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nur Mimin Fitriah. 2017. Pengaruh Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 7-8 Tahun. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Weni Utami M.Si. (2) Drs. Mohammad Bisri M. Si. Kata Kunci anak usia 7-8 tahun perilaku prososial metode sosiodrama Anak-anak pada usia 7-8 tahun mulai menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar tanpa dampingan dari orang tua dan mulai belajar bagaimana harus berperilaku dalam lingkungan sosial. Keterampilan yang harus dimiliki anak agar mencapai tugas-tugas perkembangannya adalah dengan mengembangkan perilaku prososial. Perilaku prososial adalah perilaku positif berupa tindakan membantu atau memberikan pertolongan kepada orang lain yang dilakukan secara sukarela tanpa mengharapkan suatu imbalan apapun meliputi perilaku berbagi menolong dan bekerjasama. Cara untuk memberikan pengalaman dan contoh perilaku prososial yang baik bagi anak-anak adalah dengan pemberian metode sosiodrama. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ari metode sosiodrama terhadap peningkatan perilaku prososial. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen one-grup pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 7-8 tahun yang sedang menempuh pendidikan pada tingkat kelas I dan II di MI Sunan Ampel Kab. Malang dengan jumlah 10 subjek yang memiliki tingkat perilaku prososial sangat rendah. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pengumpulan data dan instrumen perlakuan yang dikembangkan sendiri oleh peneliti. Instrumen pengumpulan data berupa angket perilaku prososial sejumlah 20 aitem dengan indeks validitas antara 0.000-0.038 dan indeks reliabilitas sebesar 0.811. sedangkan instrumen perlakuannya adalah berupa panduan metode sosiodrama. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan analisis statistik wilcoxon signed ranks test. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh koefisien nilai Z sebesar -2 809a dengan nilai signifikansi p (0.005) 0.05 yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh metode sosiodrama terhadap peningkatan perilaku prososial pada anak usia 7-8 tahun. ABSTRACT Nur Mimin Fitriah. 2017. The Effect of Sociodrama Method to Increase Prosocial Behaviour in Children Age 7-8 Years Old. Thesis. Department of Psychology Faculty of Psychology Education State University of Malang. Advisors (1) Dra. Sri Weni Utami M.Si. (2) Drs. Mohammad Bisri M. Si. Key words child 7-8 years old prosocial behavior sociodrama method Children age 7-8 years old begin to adjust the environment without the assistance of parents and began to learn how to behave in a social environment. Skills children must have in order to achieve their developmental tasks is to develop prosocial behavior. Prosocial behavior is a positive behavior of helping or giving help to others voluntarily without expecting any reward including sharing helping and cooperation. The way to give experiences and examples of good prosocial behavior for children is by providing sociodrama methods. This research was conducted with the aim to know the influence of the method of sociodrama to the increase of prosocial behavior. This research uses a one-group experimental design pretest-posttest design. Subjects in this study were children aged 7-8 years who are studying at the level of class I and II in MI Sunan Ampel Kab. Malang with 10 subjects having very low prosocial behavior level. The instruments used are data collection instruments and treatment instruments developed by the researchers themselves. Instrument data collection in the form of questionnaire of prosocial behavior amount 20 aitem with index validity between 0.000-0.038 and reliability index equal to 0 811. While the treatment instrument is a guided of sociodrama method. Data analysis technique used in this research is using descriptive analysis technique and hypothesis test using statistical analysis of wilcoxon signed ranks test. Based on the results of hypothesis test results obtained by the coefficient of Z value of -2.809a with significance value p (0.005) 0.05 which means H1 accepted and H0 rejected. So it is concluded that there is influence of sociodrama method to increase prosocial behavior in children aged 7-8 years.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101145

Actions (login required)

View Item View Item