Hubungan kecerdasan emosional dan dukungan orang tua dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Malang / Azizah Arumsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kecerdasan emosional dan dukungan orang tua dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Malang / Azizah Arumsari

Arumsari, Azizah (2017) Hubungan kecerdasan emosional dan dukungan orang tua dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Malang / Azizah Arumsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arumsari Azizah 2017. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Nur Eva S.Psi. M.Psi (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.P.si. Kata Kunci kecerdasan emosional dukungan orang tua dan prestasi belajar Prestasi belajar merupakan suatu pencapaian yang dimiliki oleh pelajar. Hal tersebut tidak luput dari faktor internal dan faktor eksternal yang dapat memberikan kontribusi dengan hasil prestasi belajar. Pada penelitian ini faktor internal merupakan kecerdasan emosional sedangkan faktor eksternal merupakan dukungan orang tua. Orang tua memiliki kedudukan yang penting untuk anak bisa mendapatkan hasil prestasi yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan dukungan orang tua dengan prestasi belajar siswa. Rancangan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan korelasi regresi sederhana. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 48 siswa yang bertempat tinggal di rumah tidak di asrama. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah skala kecerdasan emosional skala dukungan orang tua dan nilai rapor semester ganji tahun ajaran 2016-2017. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan regresi sederhana. Hasil dari analisis deskriptif dari 48 subjek yang diteliti menunjukkan bahwa 27 siswa (56 25%) dalam kategori tinggi 21 siswa (43 75) berada pada kategori rendah pada prestasi belajar. 22 siswa (45 83%) beradaa pada kategori tinggi 26 siswa pada kategori rendah pada kecerdasan emotional. Sedangkan 50 siswa (58 33%) berada pada kategori tinggi 20 siswa (41 67%) berada pada kategori rendah pada dukungan orang tua. Hasil uji hipotesis kecerdasan emosional dan dukungan orang tua diperoleh nilai korelasi 0 347 dengan signifikansi 0 008

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101137

Actions (login required)

View Item View Item