Perbedaan peningkatan resiliensi siswa SMP yang berisiko bullying berbasis program prevensi klinis / Bunga Wahyu Hapsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan peningkatan resiliensi siswa SMP yang berisiko bullying berbasis program prevensi klinis / Bunga Wahyu Hapsari

Hapsari, Bunga Wahyu (2017) Perbedaan peningkatan resiliensi siswa SMP yang berisiko bullying berbasis program prevensi klinis / Bunga Wahyu Hapsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hapsari Bunga Wahyu. 2017. Perbedaan Peningkatan Resiliensi Siswa SMP yang beresiko Bullying Berbasis Program Prevensi Klinis. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tutut Chusniyah M.Si (II) Pravissi Shanti S.Psi. M.Psi. Kata Kunci prevensi klinis resiliensi siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Peningkatan Resiliensi Siswa SMP yang beresiko Bullying Berbasis Program Prevensi Klinis. Penelitian ini telah diuji coba pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di Malang pada tanggal 31-2 juni 2017 dengan skala resiliensi 44 aitem. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengambilan data yaitu dengan skala resiliensi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan sampel penelitian siswa SMP yang memiliki resiliensi rendah berjumlah 30 siswa menggunakan teknik random sampling. Uji validitas skala resiliensi diperoleh pernyataan 29 aitem valid dengan tingkat reliabilitas 0 882 pada Alpha Cronbach. Resiliensi siswa ditentukan berdasarkan nilai pretest dan posttest. Selisih nilai yang menjadi acuan keberhasilan dalam penelitian ini. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 01 artinya ada Perbedaan Peningkatan Resiliensi Siswa SMP yang beresiko Bullying Berbasis Program Prevensi Klinis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa ada Perbedaan Peningkatan Resiliensi Siswa SMP yang beresiko Bullying Berbasis Program Prevensi Klinis. Program ini melatih siswa agar memiliki resiliensi yang lebih baik. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mempertimbangkan waktu sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Guru diharapkan dapat menerapkan program prevensi klinis pada jam Bimbingan Konseling. ABSTRACT Hapsari Bunga Wahyu. 2017. The Differences in Increased Junior High School student Resilience at Risk of Bullying Based on Clinical Prevention Programs. Undergraduated Thesis Faculty of Educational Psychology State University of Malang. Supervisor (I) Dr. Tutut Chusniyah M.Si (II) Pravissi Shanti S.Psi. M.Psi. Keywords Clinical Prevention Resilience Junior High School Student . The purpose of this study was to determine the Differences in Increased Junior High School student Resilience at Risk of Bullying Based on Clinical Prevention Programs. This study has been tested on public junior high school student in malang on 31-2 june 2017 with 44 aitem resilience s scale. The instrument used in data collection is resilience s scale. The method used is quantitative experiment with a sample 30 student of student had low resilience used random sampling method. resilience s scale validity test obtained ststements 29 valid aitem with level reliability 0 882 at alpha Cronbach. Student s resilience is determined based on the value pretest and posttest. The difference is that the reference value in the success of this study. The analysis is comparative descriptive analysis. The results of hypothesis testing using independent sample t-test gain score obtained significance value of 0.01 meaning that there is a differences in increased junior high school student resilience at risk of bullying based on clinical prevention programs. Based on the analysis we conclude that there is a differences in increased junior high school student resilience at risk of bullying based on clinical prevention programs. This program trains students to have better resilience. Future studies are expected can consider the time according to the curriculum applicable in school. Teachers are expected to apply this clinical prevention program in counseling hours.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101126

Actions (login required)

View Item View Item