Hubungan antara persepsi pada merek dan kelompok referensi dengan pengambilan keputusan pembelian produk kosmetik Mustika Ratu pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang / Fitriani Mahfurroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi pada merek dan kelompok referensi dengan pengambilan keputusan pembelian produk kosmetik Mustika Ratu pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang / Fitriani Mahfurroh

Mahfurroh, Fitriani (2017) Hubungan antara persepsi pada merek dan kelompok referensi dengan pengambilan keputusan pembelian produk kosmetik Mustika Ratu pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang / Fitriani Mahfurroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahfurroh Fitriani. 2017. Hubungan antara Persepsi Pada Merek dan Kelompok Referensi dengan Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Mustika Ratu pada Mahasiswa Program Studi Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Fattah Hidayat S.Psi. M.Si. (2) Gamma Rahmita Ureka Hakim S.Psi. M.Psi. Kata kunci persepsi pada merek kelompok referensi pengambilan keputusan pembelian Ditengah kenaikan penjualan kosmetik terdapat produk kosmetik yang mengalami penurunan dalam pembeliannya yaitu produk kosmetik Mustika Ratu. Penurunan yang terjadi akan berdampak pada operasional perusahaan. Hal tersebut dapat terjadi karena rendahnya persepsi pada merek kelompok referensi dan pengambilan keputusan pembelian produk kosmetik Mustika Ratu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan korelasional. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment dan analisis korelasi ganda. Menggunakan teknik random sampling sederhana melalui pengundian. Sampel yang digunakan sebanyak 76 orang dengan populasi mahasiswa Program Studi Seni Tari dan Musik UM. Instrumen yang digunakan adalah skala persepsi pada merek skala kelompok referensi dan skala pengambilan keputusan pembelian. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa Program Studi Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang (1) sebagian besar memiliki persepsi pada merek rendah (2) sebagian besar berada pada kelompok referensi rendah (3) sebagian besar pengambilan keputusan pembeliannya rendah (4) ada hubungan antara persepsi pada merek dengan pengambilan keputusan pembelian (5) ada hubungan antara kelompok referensi dengan pengambilan keputusan pembelian (6) ada hubungan positif antara persepsi pada merek dan kelompok referensi dengan pengambilan keputusan pembelian. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) produsen Mustika Ratu meningkatkan pengambilan keputusan pembelian produk melalui peningkatan persepsi pada kekuatan merek dengan menggunakan masukan pemasaran melalui kelompok (2) dapat menjadi tambahan informasi bagi konsumen dalam melakukan pembelian dengan mempertimbangkan pada atribut produk dan masukan sosiobudaya melalui kelompok referensi (3) peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji ulang faktor lain seperti motivasi gaya hidup kepribadian konsumen dan kelas sosial. ABSTRACT Mahfurroh Fitriani. 2017. The Correlation between Perception on Brand and Reference Group with Purchase Decision Making of Mustika Ratu Cosmetic Products on Departemen Music and Dance Students of Universitas Negeri Malang. Skripsi Department of Psychology Faculty of Psychology Education Universitas Negeri Malang. Supervisor (1) Drs. Fattah Hidayat S.Psi. M.Si. (2) Gamma Rahmita Ureka Hakim S.Psi. M.Psi. Keywords perception on brand reference group purchase decision making purchase decision making of mustika ratu cosmetic products Amid rising sales of cosmetics there are cosmetic products that experienced adecline in sales namely Mustika Ratu. The decline in sales is happening will have an impact on the company s operations. This can occur because of a lack of perception on the brand reference group and the purchase decision-making of Mustika Ratu. This research type is quantitative descriptive and correlation technique. The techniques used in this research is the analysis of two correlation analysis. Using a simple random sampling technique through the draw. The sample used as many as 76 people with a population is students Departemen Music and Dance Universitas Negeri Malang. The instruments used are the scale of perception on brand reference groups and purchase decision making. Based on the results of the analysis pointed out that students of Departemen Music and Dance Universitas Negeri Malang (1) mostly have the perception on brand low (2) most of the reference group are on low (3) most of the purchase decision making is low (4) there are correlation between perception on brand with purchase decision making (5) there are correlation between reference group with purchase decision making (6) there are correlation between perception on brand and reference group with purchase decision making. The suggestions presented in this study are (1) the manufacturer Mustika Ratu increase product purchase decision making through improved perception on the strength of the brand by using input marketing through the reference group (2) for consumers can be additional information in making purchases by considering on product attributes and sosiobudaya input through reference group (3) the researcher is expected t further review of other factors such as motivation lifestyle personality and social class.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101123

Actions (login required)

View Item View Item