Hubungan antara motivasi berprestasi dan prokrastinasi akademik dalam menghafal Al-Qur’an pada sastri di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasatul Qur’a Jombang / Mayatu Solikah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara motivasi berprestasi dan prokrastinasi akademik dalam menghafal Al-Qur’an pada sastri di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasatul Qur’a Jombang / Mayatu Solikah

Solikah, Mayatu (2017) Hubungan antara motivasi berprestasi dan prokrastinasi akademik dalam menghafal Al-Qur’an pada sastri di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasatul Qur’a Jombang / Mayatu Solikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Solikah Mayatu.2017.Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Prokrastinasi Akademik dalam Menghafal Al-Qur an pada Santri di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasatul Qur an Jombang.Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sri Weni Utami M.Si. (II) Aji Bagus Priyambodo M.Psi. Kata kunci motivasi berprestasi prokrastinasi akademik menghafal Al-Qur an santri. Menghafal Al-Qur an merupakan salah satu misi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasatul Qur an Jombang. Santri diwajibkan menghafal Al-Qur an minimal 10 juz dalam kurun waktu 3 tahun. Selain di madrasah setiap santri juga mengikuti kegiatan di unit tahfidz lingkungan pesantren Madrasatul Qur an. Setiap hari santri diwajibkan untuk menghafal hingga 3 halaman namun kebanyakan dari mereka melakukan penundaan dalam menghafal Al-Qur an atau yang sering disebut dengan prokrastinasi akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik adalah faktor internal yakni kondisi fisik dan kondisi psikologis individu. Faktor kondisi psikologi salah satunya motivasi berprestasi yakni dorongan yang dimiliki oleh seseorang untuk mengatasi hambatan dalam mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan prokrastinasi akademik dalam menghafal Al-Qur an pada santri di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasatul Qur an Jombang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriprif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian skala prokrastinasi dan skala motivasi berprestasi pada subjek. Dalam penelitian ini subjek yang dilibatkan sebanyak 63 santri. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar santri MTs Madrasatul Qur an memiliki 1) motivasi berprestasi yang tergolong sedang 2) prokrastinasi akademik santri tergolong sedang dan 3) ada hubungan yang negatif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan prokrastinasi akademik dalam menghafal Al-Qur an pada santri di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasatul Qur an Jombang dengan memperoleh koefisien korelasi sebesar 0 832 dan signifikansi (sig) p 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101097

Actions (login required)

View Item View Item