Kebahagiaan perempuan single parent korban kekerasan dalam rumah tangga / Intan Kumala Sona Ainun Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kebahagiaan perempuan single parent korban kekerasan dalam rumah tangga / Intan Kumala Sona Ainun Jannah

Jannah, Intan Kumala Sona Ainun (2017) Kebahagiaan perempuan single parent korban kekerasan dalam rumah tangga / Intan Kumala Sona Ainun Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jannah Intan Kumala Sona Ainun. 2016. Kebahagiaan Perempuan Single Parent Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Weni Utami M.Si. (II) Farah Farida Tantiani S.Psi. M.Psi. Kata kunci kebahagiaan perempuan single parent kekerasan dalam rumah tangga. Bentuk kekerasan terhadap perempuan yang terbanyak adalah penyiksaan terhadap istri atau tepatnya penyiksaan terhadap perempuan dalam relasi pernikahan. Perceraian yang menjadi pelarian dari penderitaan perempuan yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga membawa perempuan ke dalam permasalahan baru yang diakibatkan perannya sebagai seorang single parent sehingga mempengaruhi dalam menggunakan kekuatan-kekuatan psikologis yang dimiliki untuk mencapai kebahagiaan sejati. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Kehadiran peneliti merupakan instrumen untuk mengumpulkan data dan atau mengukur status variabel yang diteliti. Subjek berjumlah 3 orang dengan kriteria perempuan single parent yang pernah mengalami kekerasan dalam rumah tangga memiliki anak yang masih bersekolah maksimal tingkat SMA telah bercerai 1-3 tahun dan berusia 38-41 tahun. Lokasi penelitian berada di Kota Malang dan Surabaya. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan teknik membercheck dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah perempuan single parent korban kekerasan dalam rumah tangga merasa cukup bahagia terutama dengan kebebasan yang mereka miliki saat ini. Dukungan dari pihak keluarga dan rasa tanggung jawab kepada anak-anak turut mendukung ketiga subjek untuk terus optimis menghadapi kehidupan. Selain itu kebahagiaan mereka juga dapat dilihat dari terpenuhinya sebagian besar dari tiga dimensi kebahagiaan yang ada yaitu dimensi hidup yang menyenangkan dimensi hidup yang baik dan dimensi hidup yang bermakna. Subjek NK AM dan ID menunjukkan pemenuhan ketiga dimensi kebahagiaan yang berbeda. Subjek NK dan ID menunjukkan pemenuhan dimensi hidup yang menyenangkan secara utuh sedangkan pada subjek AM masih kurang terpenuhinya emosi positif pada masa lalu. Pada dimensi hidup yang baik subjek NK menunjukkan pemenuhan dimensi secara utuh sedangkan pada subjek AM dan ID masih kurang terpenuhinya keutamaan berkaitan dengan kemanusiaan dan cinta. Ketiga subjek menunjukkan terpenuhinya dimensi hidup yang bemakna secara utuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101091

Actions (login required)

View Item View Item