Efektivitas relaksasi guided magery untuk menurunkan kecemasan siswa SMA dalam menghadapi ujian di SMA Negeri 8 Malang / Firdha Nurul Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas relaksasi guided magery untuk menurunkan kecemasan siswa SMA dalam menghadapi ujian di SMA Negeri 8 Malang / Firdha Nurul Fauziah

Fauziah, Firdha Nurul (2017) Efektivitas relaksasi guided magery untuk menurunkan kecemasan siswa SMA dalam menghadapi ujian di SMA Negeri 8 Malang / Firdha Nurul Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziah Firdha Nurul. 2016. Efektivitas Relaksasi Guided Imagery untuk Menurunkan Kecemasan Siswa SMA Negeri 8 Malang dalam Menghadapi Ujian. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji M.Si (II) Drs. Moh. Bisri M.Si. Kata kunci relaksasi guided imagery kecemasan siswa SMA. Siswa yang sedang menghadapi berbagai macam ujian di sekolah biasanya akan mengalami perasaan cemas. Kecemasan yang dialami siswa saat menghadapi ujian merupakan hal wajar tetapi permasalahannya adalah jika siswa memiliki kecemasan yang berat hingga mengganggu kinerja siswa dalam menghadapi ujian. Relaksasi guided imagery dapat menjadi sebuah solusi untuk menurunkan tingkat kecemasan yang dialami oleh siswa saat menghadapi ujian dengan bantuan memberikan ketenangan jiwa dan pengenduran secara fisik agar siswa yang memiliki kecemasan terutama tingkat kecemasan yang berat tidak tegang dan mampu menghadapi ujian dengan tenang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas relaksasi guided imagery untuk menurunkan kecemasan siswa SMA dalam menghadapi ujian. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMA Negeri 8 Malang dengan pemilihan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan tidak merandom anggota kelompok. Sehingga berdasarkan hasil undian didapatkan kelas XI IPA 3 menjadi kelompok eksperimen dan kelas XI IPS 1 menjadi kelompok kontrol dengan 34 siswa pada maisng-masing kelompok. Instrumen dikembangkan oleh peneliti sendiri. Instrumen pengumpulan data berupa skala kecemasan yang berjumlah 24 aitem dengan indeks reliabilitas sebesar 0 895. Sedangkan instrumen perlakuan berupa panduan relaksasi guided imagerydengan indeks uji ahli 0 92. Teknik analisis yang digunakan adalah uji beda One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) adalah 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101090

Actions (login required)

View Item View Item