Efektivitas media animasi interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak yang mengalami keterlambatan belajar membaca / Muhammad Bayu Erdiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas media animasi interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak yang mengalami keterlambatan belajar membaca / Muhammad Bayu Erdiansyah

Erdiansyah, Muhammad Bayu (2017) Efektivitas media animasi interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak yang mengalami keterlambatan belajar membaca / Muhammad Bayu Erdiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Erdiansyah Muhammad Bayu. 2016. Efektivitas Media Animasi Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Permulaan Pada Anak yang Mengalami Keterlambatan Belajar Membaca Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sri Weni Utami M. Si (II) Diantini Ida Viatrie S. Psi. M. Si Kata kunci Anak yang mengalami keterlambatan belajar membaca Kemampuan Membaca Media Animasi Interaktif Kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar dan sangat penting untuk digunakan dalam mengakses pendidikan serta mendapatkan ilmu pengetahuan namun dalam kenyataannya tidak semua anak memiliki kemampuan tersebut dikarenakan faktor dukungan dari orang tua yang menyebabkan mereka mengalami keterlambatan belajar membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak yang mengalami keterlambatan belajar membaca menggunakan media animasi interaktif. Media animasi interaktif dalam penelitian ini berbentuk media flash yang berisikan materi tentang pengenalan alfabet latihan tiru bunyi pengidentifikasian suku kata membagi kata sesuai suku katanya dan latihan kalimat sederhana yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak yang mengalami keterlambatan belajar membaca. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pre-test post-test sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan membaca permulaan. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 orang dengan kriteria dibina oleh sanggar sahabat anak memiliki kemampuan membaca yang rendah dan merupakan siswa kelas 1 SDN Pisang Candi 1 SDN Pisang Candi 2 dan SDN Mulyorejo 3. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan formula Paire Sample T Test. Hasil analisis deskriptif diketahui bahwa skor minimal saat pre-test sebesar 1 dan skor maksimal 5 sedangkan pada saar post test skor minimal yang diperoleh meningkat menjadi 5 dan skor maksimal meningkat menjadi 8. Selain itu hasil perhitungan uji hipotesis diketahui bahwa tingkat signifikansi sebesar 0 003. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan media animasi interaktif berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak yang mengalami keterlambatan membaca.Peningkatan kemampuan membaca ini disebabkan media animasi interaktif yang memiliki tampilan menarik dan pendampingan satu anak oleh satu mentor sehingga meningkatkan motivasi anak untuk belajar sekaligus meningkatkan minat membaca anak. Dengan meningkatnya minat baca serta motivasi belajar siswa menyebabkan penyerapan informasi lebih mudah dan anak menjadi lebih paham dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101088

Actions (login required)

View Item View Item