Amanda, Nabila Rizki (2017) Pengaruh expressive writing untuk mengurangi kecemasan siswi kelas VII SMP Ar-Rohmah Putri Boarding School Malang / Nabila Rizki Amanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Amanda Nabila Rizki. 2016. Pengaruh Expressive Writing untuk Mengurangi Kecemasan Siswi Kelas VII SMP Ar-Rohmah Putri Boarding School Malang. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Weni Utami M.Si. (2) Pravissi Shanti S.Psi. M.Psi. Kata kunci siswi kelas VIIboarding school kecemasan expressive writing. Kecemasan merupakan salah satu kekhawatiran terbesar yang dialami olehsemua individu. Kecemasan menjadi sumber masalah klinis jika sudah sampai pada tingkat ketegangan tertentu sehingga memengaruhi kemampuan berfungsinya seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Kecemasan ini menghasilkan hal negatif di berbagai aspekkehidupan.Pada siswi kelas VII SMPboarding school kecemasan yang dialami yaitu meliputi rasa takut tidak dapat memenuhi target akademik perasaan gelisah kecemasan yang dialami siswi akibat ketidakmampuan mengatasi masalah atau merasa tidak aman atas situasi tertentu pada saat proses belajar serta rasa takut akan penolakan oleh teman-teman baru. Expressive writing merupakan metode yang dapat membantu siswi dalam mengurangi kecemasan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh expressive writing untuk mengurangi kecemasan siswi kelas VII SMPAr-Rohmah Putri Boarding School Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswi kelas VIISMP Ar-Rohmah Putri boarding schoolMalang sebanyak 37 siswi dengan pembagian secara random yaitu 20 siswi pada kelompok eksperimen dan 17 siswi pada kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RCMAS (Revisied Children Manifest Anxety Scale) yang berjumlah 28 aitem dengan indeks reliabilitas sebesar 0 785. Perlakuan (treatment) pada penelitian ini adalah expressive writing. Uji beda yang digunakan adalah uji beda paired sample t-test untuk melihat perbedaan pretest dan posttest pada setiap kelompok dan uji bedaindependent sample t-testuntuk melihat perbedaan antara kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Hasil uji beda paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) pada kelompok eksperimen adalah 0 000 0 05 sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai sig. (2-tailed)0 069 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwaterdapat penurunan kecemasan yang signifikan antara sebelum perlakuan dan setelah perlakuanpada kelompok eksperimen dan tidak terdapat penurunan kecemasan yang signifikan antara sebelum perlakuan dan setelah perlakuan pada kelompok kontrol. Hasil uji beda independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0 000 0 05 Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh expressive writing untuk mengurangi kecemasan siswi kelas VII SMP Ar-Rohmah Putri Boarding School Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Mar 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/101086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |