Pengaruh persepsi mahasiswa pada kinerja dosen dan dukungan teman sebaya terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Primanda Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi mahasiswa pada kinerja dosen dan dukungan teman sebaya terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Primanda Oktaviani

Oktaviani, Primanda (2017) Pengaruh persepsi mahasiswa pada kinerja dosen dan dukungan teman sebaya terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Primanda Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktaviani Primanda. 2016. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Pada Kinerja Dosen dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudjiono S.Pd. M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa psikologi pada kinerja dosen dan dukungan teman sebaya terhadap motivasi belajar mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang. Keseluruhan jumlah mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang adalah sebanyak 735 orang terdiri dari angkatan 2011-2015. Berdasarkan populasi yang ada kemudian diambil sampel dengan metode propotional sampling menghasilkan sampel penelitian sejumlah 109 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah skala motivasi belajar dengan skor validitas berkisar -0 188 sampai 0 771 dan reliabilitas 0 949. Skala persepsi terhadap kinerja dosen dengan skor validitas -0 447 sampai 0 905 dan reliabilitas 0 964. Skala dukungan teman sebaya dengan skor validitas 0 034 sampai 0 811 dan reliabilitas 0 957. Hasil uji regresi berganda menunjukkan sebesar 0 804 artinya ada pengaruh persepsi pada kinerja dosen dan dukungan teman sebaya terhadap motivasi belajar mahasiswa. Konstanta persepsi pada kinerja dosen sebesar 0 109 lebih kecil dari konstanta dukungan teman sebaya yakni sebesar 0 195. Hal ini berarti dukungan teman sebaya lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hasil analisis deskriptif motivasi belajar menunjukkan bahwa 19 mahasiswa (17 43%) dalam kategori rendah 77 mahasiswa (70 64%) dalam kategori sedang dan 13 mahasiswa (11 93%) dalam kategori tinggi. Sedangkan 17 mahasiswa (15 60%) memiliki persepsi rendah terhadap kinerja dosen 76 mahasiswa (69 72%) berada pada kategori sedang dan 16 mahasiswa (14 68%) memiliki persepsi yang tinggi. Selanjutnya 16 mahasiswa (14 68%) memiliki dukungan teman sebaya rendah 80 mahasiswa (73 39%) dalam kategori sedang dan 13 mahasiswa (11 93%) dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh tiga kesimpulan hipotesis yaitu (1) adanya pengaruh persepsi pada kinerja dosen terhadap motivasi belajar (2) adanya pengaruh dukungan teman sebaya terhadap motivasi belajar (3) adanya pengaruh persepsi pada kinerja dosen dan dukungan teman sebaya terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan mempertimbangkan variabel lain seperti kecakapan nyata interaksi dosen dengan mahasiswa atau faktor budaya. Dosen diharapkan mampu memberikan persepsi positif kepada mahasiswa. Bagi mahasiswa diharapkan mampu mendapatkan dukungan teman sebaya yang positif. Kata Kunci motivasi belajar pesepsi terhadap kinerja dosen dukungan teman sebaya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101085

Actions (login required)

View Item View Item