Nilai-nilai kerja orang suku Madura yang sukses bekerja di Kota Malang / Nanda Wahyu Febrian - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai-nilai kerja orang suku Madura yang sukses bekerja di Kota Malang / Nanda Wahyu Febrian

Febrian, Nanda Wahyu (2017) Nilai-nilai kerja orang suku Madura yang sukses bekerja di Kota Malang / Nanda Wahyu Febrian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febrian Nanda Wahyu. 2016. Nilai-Nilai Kerja Orang Suku Madura yang Sukses Bekerja di Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diyah Sulistyorini S. Psi. M. Psi. (II) Gamma Rahmita U. H. S. Psi. M. Psi. Kata Kunci Nilai-Nilai Kerja Orang Suku Madura Kota Malang Orang suku Madura merupakan salah satu etnis di Indonesia yang dikenal dengan perilakunya yang pekerja keras dan ulet dalam bekerja. Perilaku kerja mereka yang demikian terbentuk karena salah satunya nilai budaya/kearifan lokal yang mewarnai kehidupan mereka sehari-hari. Maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika nilai-nilai budaya Madura yang membentuk perilaku mereka dan bagaimana peran budaya tersebut dalam kehidupan bekerja orang suku Madura. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif etnografi. Data paparan berupa paparan kebahasaan dalam pepatah-pepatah Madura yang banyak mempengaruhi kehidupan berperilaku mereka sehari-hari. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan verifikasi subjek dan triangulasi data. Kegiatan analisis dilakukan dengan beberapa tahapan meliputi 1) analisis domain 2) analisis taksonomi 3) analisis komponensial dan 4) analisi tematik. Berdasarkan hasil analisis data tersebut ditemukan nilai-nilai kerja orang suku Madura sebagai berikut. Pertama bekerja sebagai seorang pedagang atau wirausahawan dianggap lebih terpandang dalam hal status sosial daripada pekerjaan lainnya seperti pekerjaan sebagai seorang guru. Kedua dalam bekerja harus dilakukan dengan perasaan senang dimana seperti yang diajarkan oleh agama mereka yaitu Islam. Ketiga orang suku Madura menganggap bahwa tidak ada yang namanya waktu luang mereka lebih banyak menghabiskan waktu luangnya sehari-hari untuk bekerja selain untuk beribadah dan beristirahat (tidur malam). Keempat orang Madura dikenal mandiri yaitu tidak menggantungkan pekerjaan pada orang lain tetapi mereka tetap menjalin hubungan yang baik dengan siapapun dan berusaha tidak mencari masalah. Kelima orang suku Madura selalu berusaha untuk mensejahterakan kedua orangtua dahulu kemudian keluarga (anak dan istri) dan berusaha mengembangkan karir mereka. Keenam orang suku Madura selalu berusaha untuk mencari tambahan penghasilan dengan cara melakukan pekerjaan tambahan selain dari pekerjaan utama mereka seperti membuka usaha bisnis yang lain dan sebagai tenaga lepas (freelance).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101078

Actions (login required)

View Item View Item