Zuhri, Ratna Alvionitta (2017) Hubungan tipe kepribadian dengan kepercayaan konsumen terhadap e-commerce pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Ratna Alvionitta Zuhri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zuhri Ratna Alvionitta. 2016. Hubungan Tipe Kepribadian dengan Kepercayaan Konsumen terhadap E-commerce pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tutut Chusniyah S.Psi. M.Si. (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi.. Kata kunci tipe kepribadian kepercayaan konsumen e-commerce Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui hubungan tipe kepribadian dengan kepercayaan konsumen terhadap e-commerce pada mahasiswa (2) mengetahui hubungan tipe kepribadianextraversion dengan kepercayaan konsumen terhadap e-commerce pada mahasiswa (3) mengetahui hubungan tipe kepribadianagreebleness dengan kepercayaan konsumen terhadap e-commerce pada mahasiswa (4) mengetahui hubungan tipe kepribadianconscientiosness dengan kepercayaan konsumen terhadap e-commerce pada mahasiswa (5) mengetahui hubungan tipe kepribadianneuroticism dengan kepercayaan konsumen terhadap e-commerce pada mahasiswa (6) mengetahui hubungan tipe kepribadianopennes dengan kepercayaan konsumen terhadap e-commerce pada mahasiswa. Kepercayaan konsumen terhadap e-commerce yakni kesediaan konsumen untuk menerima segala kemungkinan rugi yang dialami selama pembelian menggunakan internet.Kepribadian big five adalah suatu pendekatan yang digunakan untuk menggambarkan kepribadian seseorang ke dalam lima trait kepribadian lima trait tersebut terdiri dariextraversion agreebleness conscientiousness neuroticism dan opennes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 4.349 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan jumlah sampel uji coba 30 mahasiswa dan jumlah sampel 100 mahasiswa.Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur tipe kepribadian adalah skala tipe kepribadian Big Five Inventory (BFI) (r 0 956). Sedangkan kepercayaan konsumen terhadap e-commerce menggunakan teori kepercayaan oleh Mc Knight dkk.(r 0 928). Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa tipe kepribadian berhubungan dengan kepercayaan konsumen terhadap e-commerce (R 0 332) dan juga tipe kepribadian memberikan sumbangsih 11% pada kepercayaan konsumen terhadap e-commerce. Sedangkan hanya tipe kepribadian opennes yang berhubungan secara signifikan. Tipe kepribadian opennes merupakan individu yang terbuka kreatif dan suka terhadap hal yang baru. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disarankan kepada konsumen lebih terbuka terhadap penjual dan diharapkan pemilik bisnis e-commerce lebih meningkatkan komunikasi. Sehingga akan muncul kepercayaan baik dari konsumen maupun e-commerce.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/101076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |