Efektivitas pelatihan berbasis kompetensi customer service orientation dengan model ADDIE untuk meningkatkab kompetensi customer service orientation pada karyawan di Hotel Klub Bunga Butik Resort / Novita Rizky Elyani Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pelatihan berbasis kompetensi customer service orientation dengan model ADDIE untuk meningkatkab kompetensi customer service orientation pada karyawan di Hotel Klub Bunga Butik Resort / Novita Rizky Elyani Putri

Putri, Novita Rizky Elyani (2017) Efektivitas pelatihan berbasis kompetensi customer service orientation dengan model ADDIE untuk meningkatkab kompetensi customer service orientation pada karyawan di Hotel Klub Bunga Butik Resort / Novita Rizky Elyani Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Novita Rizky Elyani. 2016. Efektivitas Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service Orientation dengan Model ADDIE untuk Meningkatkan Kompetensi Customer Service Orientation. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (1) Diyah Sulistiyorini S.Psi. M.Psi. (2) Gamma Rahmita UH. S.Psi M.Psi. Kata Kunci Pelatihan Berbasis Kompetensi Customer Service Orientation Model ADDIE Klub Bunga Butik Resort merupakan hotel yang memiliki visi untuk menciptakan industri yang berwawasan kepariwisataan dalam melayani seluruh kebutuhan pengunjungnya. Tidak meratanya kemampuan yang harus dimiliki oleh karyawan adalah salah satu penyebab kurang maksimalnya pencapaian karyawan yang kompeten di bidangnya. Selain itu karyawan juga kurang memiliki keterampilan yang memudahkan karyawan itu sendiri dalam menyelesaikan pekerjaannya. Pengetahuan dan pemahaman mengenai tugas-tugas yang dikerjakannya seharusnya bukan menjadi persoalan yang berkepanjangan. Hasilnya pekerjaan yang dilakukan karyawan tidak sesuai dengan job description yang seharusnya dilakukan. Tujuan khusus pada penelitian ini adalah menghasilkan karyawan yang berkompeten dalam bidang pekerjaannya melalui pelatihan berbasis kompetensi Customer Service Orientation dengan menggunakan model ADDIE untuk meningkatkan kompetensi Customer Service Orientation. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan one-group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian adalah karyawan di Klub Bunga Butik Resort Kota Wisata Batu. Penentuan subjek dilakukan dengan purposive sampling yaitu dengan mengambil subjek yang telah memiliki karakteristik yang sudah ditentukan. Jumlah sampel yang akan diambil untuk mengikuti pelatihan berbasis kompetensi customer service orientation adalah 30 karyawan laki-laki dan perempuan sesuai dengan karakteristik yang sudah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berbasis kompetensi Customer Service Orientation efektif untuk meningkatkan kompetensi Customer Service Orientation karyawan. Dengan perhitungan uji hipotesis U-Mann Whitney dengan nilai signifikansi 0 025 yang berarti efektif karena kurang dari signifikansi 0 005. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada seluruh pihak yang terkait di Hotel Klub Bunga Butik Resort dalam peningkatan kompetensi karyawan dapat melakukan evaluasi rutin untuk membantu menumbuhkan rasa tanggungjawab karyawan yang besar kepada pekerjaannya. Selain itu dengan pengembangan sumber daya manusia dapat melakukan inovasi untuk terus memberikan motivasi kepada karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101071

Actions (login required)

View Item View Item