Pengaruh prokrastinasi akademik dan efikasi diri dengan prestasi belajar pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMAN 3 Mojokerto / Tamara Dwi Febriningtiyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh prokrastinasi akademik dan efikasi diri dengan prestasi belajar pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMAN 3 Mojokerto / Tamara Dwi Febriningtiyas

Febriningtiyas, Tamara Dwi (2016) Pengaruh prokrastinasi akademik dan efikasi diri dengan prestasi belajar pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMAN 3 Mojokerto / Tamara Dwi Febriningtiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriningtiyas Tamara Dwi. 2016. Pengaruh Prokrastinasi Akademik dan Efikasi Diri dengan Prestasi Belajar pada Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di SMAN 3 Mojokerto. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudjiono S.Pd. M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Kata Kunci Prokrastinasi Akademik Efikasi Diri Prestasi Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMAN 3 Mojokerto ditinjau dari prokrastinasi akademik dan efikasi diri. Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif regresi. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik sample jenuh. Subjek dalam penelitian ini adalah 51 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMAN 3 Mojokerto. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah skala prokrastinasi akademik skala efikasi diri dan nilai rapor semester genap tahun ajaran 2015-2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi ganda. Hasil analisis desriptif dari 51 subjek yang diteliti menunjukkan bahwa 9 siswa (17 65 %) memiliki prestasi belajar tinggi 36 siswa (70 59%) memiliki prestasi belajar sedang dan 6 siswa (11 76%) memiliki prestasi yang rendah. 9 siswa (17 65 %) prokrastinasi akademik yang tinggi 31 siswa (60 78%) prokrastinasi akademik yang sedang dan 11 siswa (21 57%) prokrastinasi akademik yang rendah. 11 siswa (21 57%) efikasi diri yang tinggi 32 siswa (62 74%) efikasi diri yang sedang dan 8 siswa (15 69 %) efikasi diri yang rendah. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi ganda. Hasil Uji hipotesis prokrastinasi akademik efikasi diri dan prestasi belajar diperoleh nilai r hitung 0 513 hasilnya bahwa ada pengaruh antara prokrastinasi akademik dan efikasi diri pada prestasi belajar. Besarnya pengaruh dapat dilihat dari adjusted R square sebesar 0 232. Hal ini berarti 23 2% prestasi belajar pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMAN 3 Mojokerto dipengaruhi oleh variabel prokrastinasi akademik dan efikasi diri. Berdasarkan hasil analisis regresi ganda diperoleh tiga kesimpulan hipotesis yaitu (1) Terdapat pengaruh dan signifikan prokrastinasi akademik pada prestasi belajar siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga (2) Terdapat pengaruh signifikan efikasi diri pada prestasi belajar siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga dan (3) Terdapat pengaruh prokrastinasi akademik dan efikasi diri pada prestasi belajar siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan pengembangan penelitian dengan wilayah populasi siswa yang memiliki perbedaan dari tingkat intelegensi karakteristik populasi yang digunakan sampai variabel lain. Guru diharapkan dapat menerapkan sistem reinforcing selalu mengevaluasi hasil yang sudah dikerjakan siswa serta siswa juga harus menetapkan tujuan yang akan dicapai meningkatkan kemampuan utnuk membagi waktu dan belajar untuk bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101043

Actions (login required)

View Item View Item