Pengaruh permainan bingo untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi kelipatan dan faktor bilangan siswa kelas 4 / Rizqa Anggraini Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh permainan bingo untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi kelipatan dan faktor bilangan siswa kelas 4 / Rizqa Anggraini Wicaksono

Wicaksono, Rizqa Anggraini (2016) Pengaruh permainan bingo untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi kelipatan dan faktor bilangan siswa kelas 4 / Rizqa Anggraini Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono Rizqa Anggraini. 2016. Pengaruh Permainan Bingo untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Kelipatan dan Faktor Bilangan pada siswa kelas 4. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji M.Si. (II) Aji Bagus Priyambodo S.Psi. M.Psi. Kata kunci Permainan Bingo prestasi belajar matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bingo dalam meningkatkan prestasi belajar matematika materi kelipatan dan faktor bilangan pada siswa kelas 4. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 MI Al-Muhsinun tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 84 siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif eksperimen. Panduan permainan bingo dan aitem prestasi belajar matematika dilakukan validasi isi dan validitas menggunakan korelasi Product Moment Setelah itu dilakukan perhitungan reliabilitas dengan rumus Alpha Cornbach dan diperoleh koefisien reliabilitas dari 0 704. Peneltian ini menggunakan metode pengumpulan data menggunakan nilai hasil prestasi belajar matematika. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah 1) Analisis deskriptif kuantitatif 2) Uji normalitas dan 3) Uji hipotesis. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh permainan bingo untuk meningkatkan prestasi belajar matematika meteri kelipatan dan faktor bilangan pada siswa kelas 4 Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil hipotesis menggunakan One Way Anova signifikan 0 00 menunjukan bahwa melalaui permainan Bingo dapat mempengaruhi peningkatan prestasi belajar matematika materi kelipatan dan faktor bilangan pada siswa kelas 4. Peningkatan dibuktikan dengan hasil skor prestasi belajar matematika Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai dari kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan permainan bingo dengan rata-rata 82 98 dengan nilai kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan apapun dengan rata-rata 71 70 sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan permainan bingo dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi kelipatan dan faktor bilangan pada siswa kelas 4. Saran penelitian anatara lain 1) bagi guru dengan penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan permainan bingo sebagai sarana belajar dikelas 4 dibidang mata pelajaran matematika pada KPK dan FPB. 2) bagi siswa prestasi belajar matematika materi kelipatan dan faktor bilangan pada siswa telah mengalami peningkatan setelah diberi permainan bingo. Oleh karena itu disarankan kepada siswa agar memiliki motivasi belajar yang tinggi pada pembelajaran lainnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101042

Actions (login required)

View Item View Item