Pedrbedaan self confidence ditinjau dari keaktifan siswa mengikuti ekstrakurikuler Pramuka dan Kejurnalistikan di SMA Negeri 1 Magetan / Zulfany Safira Nabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pedrbedaan self confidence ditinjau dari keaktifan siswa mengikuti ekstrakurikuler Pramuka dan Kejurnalistikan di SMA Negeri 1 Magetan / Zulfany Safira Nabila

Nabila, Zulfany Safira (2016) Pedrbedaan self confidence ditinjau dari keaktifan siswa mengikuti ekstrakurikuler Pramuka dan Kejurnalistikan di SMA Negeri 1 Magetan / Zulfany Safira Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nabila Zulfany Safira. 2016. Perbedaan Self Confidence Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Dan Kejurnalistikan Di SMA Negeri 1 Magetan. Skripsi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudjiono S.Pd. M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Kata Kunci ekstrakurikuler pramuka dan kejurnalistikan keaktifan mengikuti ekstrakurikuler self confidence. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan self confidence siswa SMA Negeri 1 Magetan ditinjau dari keaktifan siswa mengikuti ekstrakurikuler pramuka dan kejurnalistikan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan menggambarkan self confidence dan keaktifan siswa di SMA Negeri 1 Magetan. Alat ukur yang digunakan adalah skala psikologis yang disusun oleh peneliti. Skala self confidence yang disusun berdasarkan konstruk dari Lindenfield (1997) dan skala keaktifan mengikuti ekstrakurikuler disusun berdasarkan konstruk Nuswantoro dan Warsito (2013). Berdasarkan uji reliabilitas alpha cronbach didapatkan nilai dari skala self confidence sebesar 0 905 dan skala keaktifan mengikuti ekstrakurikuler sebesar 0 887 dimana p 0 05 yang artinya alat ukur tersebut layak digunakan. Penelitian kuantitatif berjenis komparatif dan deskriptif dengan analisis yang digunakan adalah anova dua jalur. Hasil analisis deskriptif dari 150 subjek menunjukkan self confidence siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka kategori tinggi 20 siswa (26 67%) kategori sedang 40 siswa (53 33%) dan kategori rendah 15 siswa (20%). Sedangkan pada ekstrakurikuler kejurnalistikan kategori tinggi 16 siswa (21 33%) kategori sedang 44 siswa (58 6%) dan kategori rendah 15 siswa (20%). Berdasarkan skala keaktifan siswa mengikuti ekstrakurikuler didapatkan hasil siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka kategori keaktifan sangat aktif sebanyak 7 siswa (9 33%) kategori keaktifan sedang sebanyak 44 siswa (58 67%) dan kategori keaktifan rendah sebanyak 24 siswa (32%). Sedangkan pada ekstrakurikuler kejurnalistikan kategori keaktifan sangat aktif sebanyak 21 siswa (28%) kategori keaktifan sedang 49 siswa (65 33%) dan kategori keaktifan rendah sebanyak 5 siswa (6 67%). Hasil analisis komparatif dengan anova dua jalur didapatkan nilai signifikansi sebesar 0 463 (p 0 05). Artinya keaktifan ekstrakurikuler dan jenis ekstrakurikuler yang diikuti tidak dapat membedakan self confidence siswa. Hasil analisis hipotesis didapatkan tiga kesimpulan yaitu (1) terdapat perbedaan antara keaktifan mengikuti ekstrakurikuler dengan self confidence (2) tidak terdapat perbedaan antara jenis ekstrakurikuler yang diikuti dengan self confidence dan (3) tidak terdapat perbedaan self confidence jika ditinjau dari keaktifan mengikuti ekstrakurikuler dan jenis ekstrakurikuler yang diikuti. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan skala self confidence dan skala keaktifan mengikuti ekstrakurikuler lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101040

Actions (login required)

View Item View Item