Hubungan efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi dengan perilaku plagiarisme pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang / Mar'ati Qonitatillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi dengan perilaku plagiarisme pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang / Mar'ati Qonitatillah

Qonitatillah, Mar'ati (2016) Hubungan efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi dengan perilaku plagiarisme pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang / Mar'ati Qonitatillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qonitatillah Mar ati. 2016. Hubungan Efikasi Diri Akademik dan Motivasi Berprestasi dengan Perilaku Plagiarisme pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Sudjiono S.Pd. M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Kata Kunci efikasi diri akademik motivasi berprestasi perilaku plagiarisme mahasiswa. Perilaku plagiarisme merupakan tindakan maladaptif dalam akademik. Akan tetapi mahasiswa masih sering melakukan tindakan plagiarisme dalam mengerjakan tugas dikarenakan kurangnya keyakinan akan kemampuan diri dan lemahnya dorongan untuk dapat berprestasi.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah terdapat hubungan antara efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi dengan perilaku plagiarisme pada mahasiswa fakultas pendidikan psikologi Universitas Negeri Malang. Keseluruhan jumlah mahasiswa angkatan 2012 hingga 2015 yakni sebanyak 686mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 103 mahasiswa diambil dengan teknikpropotional random samplingyakni dengan mengambil 15%dari setiap angkatan. Skala efikasi diri akademik skala motivasi berprestasi dan skala perilaku plagiarisme digunakan sebagai instrumen penelitian. Pada uji validitas dan reliabilitas diperoleh data bahwa skala efikasi diri akademik memiliki 47 aitem valid dan nilai reliabilitas sebesar 0 929 sedangkan skala motivasi berprestasi memiliki 56 aitem valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0 936 serta untuk skala perilaku plagiarisme memiliki40 aitem valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0 912. Deskriptif korelasional digunakan untuk analisis data. Secara desriptif dari 103 subjek ditemukan efikasi diri akademik18 (17 5%) mahasiswa kategoritinggi 69 (67%) mahasiswa kategori sedang dan 16 (15 5%) mahasiswa kategori rendah. Selanjutnya motivasi berprestasi 10 (9 7%) mahasiswa kategori tinggi 80 (77 7%) kategori sedang dan 13 (12 6%) kategori rendah. Sedangkanperilaku plagiarisme 19 (18 4%) mahasiswakategoritinggi 63 (61 2%) mahasiswa kategori sedang dan 21 (20 4%) mahasiswa kategori rendah. Hasil uji hipotesis korelasi gandamenggunakan regresi sederhana diperoleh nilai Rsebesar 0 648 artinya ada hubunganantaraefikasi diri akademik dan motivasi berprestasi dengan perilaku plagiarisme sebesar 64 8%. Kesimpulan yang dapat diambil (1) ada hubungan negatifefikasi diri akademik dengan perilaku plagiarisme pada mahasiswa (2) ada hubungan negatifmotivasi berprestasi dengan perilaku plagiarisme pada mahasiswa dan (3) ada hubungan efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi dengan perilaku plagiarisme pada mahasiswa.Saran yang dapat diberikan (1) harapan orang tua dijadikan motivasi untuk berprestasi bukan sebagai tekanan bagi mahasiswa (2) dosen memberikan hukuman bagi mahasiswa yang melakukan plagiarisme (3) peneliti selanjutnya diharapkan untuk lebih memperhatikan variabel lain seperti tekanan teman sebaya prokartinasi yang mempengaruhi perilaku plagiarisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101036

Actions (login required)

View Item View Item