Efektivitas pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan prestasi belajar grammar pada kelas basic di Lembaga Language Center Kampung Inggris Pare Kediri / Ahmad Shodiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan prestasi belajar grammar pada kelas basic di Lembaga Language Center Kampung Inggris Pare Kediri / Ahmad Shodiq

Shodiq, Ahmad (2016) Efektivitas pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan prestasi belajar grammar pada kelas basic di Lembaga Language Center Kampung Inggris Pare Kediri / Ahmad Shodiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shodiq Ahmad. 2016. Efektivitas Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Grammar Pada Kelas Basic Di Lembaga Language Center Kampung Inggris Pare Kediri. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudjiono S.Pd. M.Si (II) Drs. H. Mohammad Bisri M.Si. Kata Kunci Contextual Teaching And Learning Prestasi Belajar Kelas Grammar Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan prestasi belajar grammar pada kelas basic di lembaga language center kampung Inggris Pare Kediri. Keseluruhan jumlah siswa di lembaga Language Center sebanyak 172 orang yang kemudian diambil sampel dengan metode purposive sampling dan ditemukan bahwa sampel penelitian sejumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala prestasi belajar bahasa Inggris dengan tingkat reliabilitas sebesar 0 919. Prestasi belajar siswa ditentukan berdasarkan nilai pretest dan posttest. Selisih nilai inilah yang menjadi acuan keberhasilan dalam penelitian ini. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis komparatif anava gain score diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 00 artinya pembelajaran CTL efektif untuk meningkatkan prestasi belajar grammar pada kelas basic. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran CTL efektif mampu meningkatkan prestasi belajar grammar pada kelas basic. Pembelajaran ini menjadikan siswa lebih memahami materi dan langsung menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari sehingga materi akan terekam dalam memori siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan pengembangan skala yang lebih baik lagi pada skala prestasi belajar bahasa inggris. Guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran CTL dalam proses pembelajaran di lembaga language center.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101033

Actions (login required)

View Item View Item