Hubungan pola asuh orang tua dan konformitas teman sebaya dengan kecerdasan moral siswa SMP di Tulungagung / Dwi Puji Zatmiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pola asuh orang tua dan konformitas teman sebaya dengan kecerdasan moral siswa SMP di Tulungagung / Dwi Puji Zatmiarti

Zatmiarti, Dwi Puji (2016) Hubungan pola asuh orang tua dan konformitas teman sebaya dengan kecerdasan moral siswa SMP di Tulungagung / Dwi Puji Zatmiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zatmiarti Dwi Puji. 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Konformitas Teman Sebaya dengan Kecerdasan Moral Siswa SMP di Tulungagung. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Kata kunci pola asuh orang tua konformitas teman sebaya kecerdasan moral. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pola asuh orang tua (2) mendeskripsikan konformitas teman sebaya (3) mendeskripsikan kecerdasan moral (4) mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan moral (5) mengetahui hubungan konformitas teman sebaya dengan kecerdasan moral (6) mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan konformitas teman sebaya dengan kecerdasan moral. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 108 orang dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket pola asuh orang tua skala konformitas teman sebaya dan skala kecerdasan moral. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan pengkategorian berdasarkan pada persentase tertinggi jenis pola asuh dan pengkategorian berdasarkan nilai T pada variabel konformitas teman sebaya dan kecerdasan moral. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi eta chi square teknik analisis korelasi product moment pearson dan regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sebagian besar siswa menerima pola asuh otoritatif (2) lebih banyak siswa memiliki tingkat konformitas teman sebaya rendah (3) lebih banyak siswa memiliki tingkat kecerdasan moral tinggi (4) ada hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan moral dengan angka korelasi 0 842 dan signifikansi 0 000 (5) ada hubungan negatif dan signifikan antara konformitas teman sebaya dengan kecerdasan moral dengan nilai korelasi -0 323 dan signifikansi 0 001 (6) ada hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan konformitas teman sebaya secara bersama (simultan) dengan kecerdasan moral dengan nilai korelasi 0 018 dan signifikansi 0 000. Saran yang dikemukakan (1) Siswa diharapkan mampu mengontrol diri dengan baik dan tidak terpengaruh oleh pola asuh orang tua yang ia terima (2) Sekolah memberi pengetahuan mampu bekerja sama dengan orang tua dan menjadi fasilitator dalam usaha meningkatkan kecerdasan moral remaja (3) Orang tua diharapkan mampu mempertahankan gaya pengasuhan yang baik dan efektif yaitu pola asuh otoritatif (4) Peneliti selanjutnya disarankan agar memperbaiki instrumen kualitas aitem analisis data yang digunakan dan mempertimbangkan variabel lain yaitu kontrol diri sekolah dan masyarakat yang lebih mempengaruhi kecerdasan moral.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101022

Actions (login required)

View Item View Item