Efektivitas pendekatan contextual teaching learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI Jurusan Akuntansi / Yanuar Siti Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pendekatan contextual teaching learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI Jurusan Akuntansi / Yanuar Siti Rahmawati

Rahmawati, Yanuar Siti (2016) Efektivitas pendekatan contextual teaching learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI Jurusan Akuntansi / Yanuar Siti Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Yanuar Siti. 2016. Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Krtisis Siswa.Skripsi JurusanPsikologi FakultasPendidikanPsikologi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji M.Si (II) AjiBagusPriyambodo S.Psi M.Psi Kata kunci berpikir kritis pendekatan Contextual Teaching Learning Berpikir kritis siswa merupakan kemampuan seseorang dalam merumuskan pertanyaan membuat argumen berdasarkan informasi yang akurat kemampuan menyimpulkan mencari informasi pendukung dalam berargumen membuat strategi sebagai solusi dan meminta pendapat orang lain atas apa yang telah ia putuskan. Tetapi tidak semua siswa SMK memiliki semua aspek tersebut. Hal ini dikarenakan pendekatan pembelajaran pendidik yang masih bersifat konvensional. Pendekatan Contextual Teaching Learning dapat menjadi salah satu solusi dalam memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka. Maka dari itu peneliti ingin melihat efektivitas pendekatan Contextual Teaching Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentaldengandesainNonrandomized Pretest-Postest Control Group Design.Subjekdalampenelitianiniadalahsiswa kelas XI jurusan Akuntansi yang diajar oleh guru yang sama 32siswauntukkelompokeksperimendan32siswauntukkelompokkontrol. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniterbagimenjadiinstrumenpengumpulan data daninstrumenperlakuan yang dikembangkanolehpenelitisendiri.Instrumenpengumpulan data berupainstrumen kemampuan berpikir krtis yang berjumlah8aitemdenganindeksreliabilitassebesar 0 571 dan instrumenperlakuanberupapanduanpendekatan Contextual Teaching Learning. Teknikanalisis yang digunakanadalahujibedaindependent samples t-test. HasilpenelitianmenunjukkanbahwadannilaiSig. (2-tailed)adalah 0 000 0 05. Selain itu menggunakan penghitungan effect size untuk melihat besarnya keefektivan pendekatan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Diperoleh hasil 0 8 dimana angka tersebut masuk dalam kategori efek besar. Olehsebabitu dapatdisimpulkanbahwapendekatan Contextual Teaching Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Saran yang diberikan kepada guru adalah pendekatan Contextual Teaching Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis khususnya dengan teknik berbasis masalah. Saran kepada peserta didik adalah melatih kemampuan berpikir kritis dengan memecahkan masalah dan memikirkan masalahnya secara berkelompok. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah 1) Memperhatikan kemampuan berpikir kritis siswa diluar pemberian treatmen 2)menggunakan metode lain 3) melakukan penelitian lanjutan dengan metode berbeda subjek lebih luas waktu yang lebih lama dan menambahkan jumlah intervensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101015

Actions (login required)

View Item View Item