Pengaruh dukungan sosial orang tua dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan SMA siswa SMP Megeri 3 Tumpang Satu Atap / Dewi Nurhidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dukungan sosial orang tua dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan SMA siswa SMP Megeri 3 Tumpang Satu Atap / Dewi Nurhidayati

Nurhidayati, Dewi (2016) Pengaruh dukungan sosial orang tua dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan SMA siswa SMP Megeri 3 Tumpang Satu Atap / Dewi Nurhidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhidayati Dewi. 2016. Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Prestasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan SMA Siswa SMP Negeri 3 Tumpang Satu Atap. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psiko-logi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudjiono S.Pd. M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Kata kunci siswa SMP dukungan sosial orang tua prestasi belajar minat melanjutkan pendidikan SMA Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan SMA siswa SMP Negeri 3 Tumpang Satu Atap. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis regresi ganda. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IX SMP Negeri 3 Tumpang Satu Atap yang berjumlah 36 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh maka diambil 36 siswa. 2 instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dukungan sosial orang tua dengan koefisien reliabilitas sebesar 0 915 dan skala minat melanjutkan pendidikan SMA dengan koefisien reliabilitas sebesar 0 900. Selain itu menggunakan dokumen rapor siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R 0 723 dengan adjusted R square sebesar 0 493. Hal ini berarti bahwa 49 3% minat melanjutkan pendidikan SMA siswa SMP Negeri 3 Tumpang Satu Atap dipengaruhi oleh variabel dukungan sosial orang tua dan prestasi belajar sedangkan sisanya 50 7% dipengaruhi oleh variabel lain. Saran yang diberikan kepada siswa adalah 1) sebaiknya siswa meningkatkan motivasi dalam belajar 2) sebaiknya siswa menyadari pentingnya pendidikan untuk kehidupan selanjutnya. Saran yang diberikan kepada orang tua/sekolah adalah 1) diperlukan adanya suatu kerja sama dari pihak sekolah dan pihak orang tua siswa untuk memberikan motivasi kepada siswa 2) menyadarkan siswa pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Saran yang diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah 1) diharapkan menggunakan subjek penelitian yang lebih banyak karena penelitian ini terbatas hanya pada siswa kelas IX dan hanya terdapat satu kelas sehingga tidak memungkinkan untuk mengambil subjek dengan jumlah yang banyak 2) menambah variabel lain yang mempengaruhi minat melanjutkan pendidikan yaitu kondisi sosial ekonomi orang tua teman sebaya lingkungan sosial budaya motivasi berprestasi dan bakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101009

Actions (login required)

View Item View Item