Hubungan etos kerja dan pemanfaatan teknologi informasi dengan konerja guru bersertifikat di SD Negeri eks RSBI/SBI Malang / Nurul Fajar Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan etos kerja dan pemanfaatan teknologi informasi dengan konerja guru bersertifikat di SD Negeri eks RSBI/SBI Malang / Nurul Fajar Puji Lestari

Lestari, Nurul Fajar Puji (2016) Hubungan etos kerja dan pemanfaatan teknologi informasi dengan konerja guru bersertifikat di SD Negeri eks RSBI/SBI Malang / Nurul Fajar Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari N.F.P. 2015. Hubungan Etos Kerja dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dengan Kinerja Guru Bersertifikat di SD Negeri eks RSBI/SBI Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.Ed (II) Farah Farida Tantiani S.Psi. M.Psi. Kata kunci etos kerja pemanfaatan teknologi informasi kinerja guru bersertifikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan etos kerja dan pemanfaatan teknologi informasi dengan kinerja guru bersertifikat di SD Negeri eks RSBI/SBI Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Data penelitian berupa data primer dari skala etos kerja dan skala pemanfaatan teknologi informasi yang dikembangkan oleh peneliti serta data sekunder dari dokumentasi PKG (Penilaian Kinerja Guru) semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Untuk mengukur etos kerja peneliti menggunakan skala etos kerja untuk pemanfaatan teknologi informasi menggunakan skala pemanfaatan teknologi informasi. Tiap instrumen disebarkan kepada 30 guru SD Negeri bersertifikat yang ada di tiga sekolah yakni SDN Kauman 1 Malang SDN Tunjungsekar 1 Malang dan SDN Model Tlogowaru Malang dengan teknik tryout terpakai disebabkan terbatasnya jumlah guru SD Negeri bersertifikat di tiga sekolah tersebut. Karakter subjek penelitian ini adalah Populasi dari seluruh guru bersertifikat di SDN eks RSBI/SBI Malang. Hasil validitas pada skala etos kerja terdapat 11 aitem dari 24 aitem dengan reliabilitas 0 720. Validitas skala pemanfaatan teknologi informasi 39 aitem dari 48 aitem dengan reliabilitas sebesar 0 958. Berdasar hasil analisa menggunakan data yang valid dalam penelitian ini diperoleh 4 kesimpulan (1) Etos kerja guru bersertifikat di SD Negeri eks RSBI/SBI Malang umumnya berada dalam klasifikasi tinggi sebesar 63 33%. (2) Pemanfaatan teknologi informasi guru bersertifikat di SD Negeri eks RSBI/SBI Malang umumnya berada dalam klasifikasi rendah sebesar 56 67%. (3) Kinerja guru bersertifikat di SD Negeri eks RSBI/SBI Malang berada dalam klasifikasi tinggi 73 33%. (4) Tidak ada hubungan antara etos kerja dan pemanfaatan teknologi informasi dengan kinerja guru bersertifikat di SD Negeri eks RSBI/SBI Malang. Saran pada peneliti selanjutnya yang membahas tentang etos kerja pemanfaatan teknologi informasi dan kinerja pada guru SD Negeri bersertifikat diharapkan untuk lebih memperluas kajian terkait etos kerja pemanfaatan teknologi informasi dan kinerja guru bisa meneliti subjek dengan jumlah populasi yang lebih besar dan lebih luas menggunakan instrumen kinerja yang disesuaikan dengan teori dalam kajian pustaka menggunakan instrumen pemanfaatan TI yang didasari oleh aspek-aspek dari pemanfaatan TI serta meneliti variabel-variabel lain yang belum diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100980

Actions (login required)

View Item View Item