Hubungan konflik peran dan kepuasan kerja dengan stres kerja tenaga pendidik di SD Inklusi gugus IV Lowokwaru Malang / Pradina Yeni Oktavia Rahmawati

Rahmawati, Pradina Yeni Oktavia (2015) Hubungan konflik peran dan kepuasan kerja dengan stres kerja tenaga pendidik di SD Inklusi gugus IV Lowokwaru Malang / Pradina Yeni Oktavia Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati, Pradina Yeni Oktavia. 2015. Hubungan Konflik Peran dan Kepuasan Kerja dengan Stres Kerja Tenaga Pendidik di SD Inklusi Gugus IV Lowokwaru Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Moh. Irtadji, M.Si, (II) Indah Yasminum Suhanti, S.Psi, M.Psi. Kata kunci : konflik peran, kepuasan kerja, stres kerja, dan tenaga pendidik inklusi Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran mengenai konflik peran tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (2) untuk mengetahui gambaran kepuasan kerja tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (3) untuk mengetahui gambaran stres kerja tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (4) untuk mengetahui hubungan konflik peran dengan stres kerja tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (5) untuk mengetahui hubungan kepuasan kerja dengan stres kerja tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (6) untuk mengetahui hubungan konflik peran dan kepuasan kerja dengan stres kerja tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Subjek peneliti menggunakan tekhnik purpossive sampling yaitu sebesar 75 tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang yang mengajar siswa berkebutuhan khusus lebih dari satu dalam kelas. Pengambilan data penelitian menggunakan skala konflik peran, skala kepuasan kerja dan skala stres kerja. Analisis data secara deskriptif menggunakan prosentase, analisis korelasi menggunakan tekhnik product moment dengan bantuan software SPSS 17.0 dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (1) memiliki konflik peran yang rendah (2) memiliki kepuasan dalam bekerja (3) memiliki stres kerja yang rendah (4) ada hubungan positif antara konflik peran dengan stres kerja dengan nilai r = 0,706 dan p = 0,000<0,05 (5) ada hubungan negatif antara kepuasan kerja dengan stres kerja dengan nilai r = - 0,600 dan p = 0,000<0,05 (6) Ada hubungan antara konflik peran dan kepuasan kerja dengan stres kerja dengan nilai R= 0,742. Saran yang diberikan adalah (1) Dinas Pendidikan bekerja sama dengan psikolog pendidikan atau praktisi kependidikan luar biasa untuk melakukan pendampingan guru inklusi (2) Bagi Lembaga Sekolah diharapkan menambah kuantitas Guru Pembimbing Khusus (GPK), (3) Bagi tenaga pendidik inklusi diharapkan untuk senantiasa mengikuti penataran terkait cara mengajar kelas inklusi yang baik dan benar, (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan penelitian dengan lebih variatif, seperti subjek yang lebih beragam dan memperluas faktor-faktor yang dapat memengaruhi stres kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100966

Actions (login required)

View Item View Item